Pasar Kakap Putih Sasar Menengah ke Atas

Andy Kristiyan
- Senin, 23 Maret 2020 | 22:57 WIB
SM/Muhammad Arif Prayoga  -  PANEN : Asisten I bidang Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Semarang, Widoyono beserta Kepala Dinas Perikanan Nurkholis, memanen kakap putih di Mangunharjo, Tugu, Senin (23/3). (42)
SM/Muhammad Arif Prayoga - PANEN : Asisten I bidang Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Semarang, Widoyono beserta Kepala Dinas Perikanan Nurkholis, memanen kakap putih di Mangunharjo, Tugu, Senin (23/3). (42)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Budidaya kakap putih di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, jika dikelola dengan baik, akan mampu memenuhi kebutuhan untuk pasar kalangan menengah ke atas.

Harapan tersebut disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang, Nurkholis, saat bersama Asisten I bidang Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Semarang, Widoyono, menghadiri panen kakap putih di Mangunharjo, Tugu, Senin (23/3) ”Kakap putih, dari segi harga cukup menjanjikan. Wajar kalau target pasarnya yakni masyarakat menengah ke atas. Untuk panen kali ini, hasilnya pun cukup bagus karena mencapai sekitar 1,5 ton,” ujar dia.

Karena itu Pemkot Semarang mendukung upaya petambak, untuk meningkatkan budi daya ikannya, sehingga bisa lebih bervariasi.

Pihaknya pun siap membantu, bila nantinya petambak dan pembudidaya ikan memerlukan bantuan fasilitas dan bimbingan pengembangannya.

”Area pertambakan di Kota Semarang mungkin tidak begitu luas. Namun jika dikelola dengan intensif, kami yakin bisa bermanfaat besar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya petambak ikan. Misalnya dengan menambahkannya untuk budi daya kakap merah,” papar dia.

Dia mengungkapkan, kakap putih yang dipanen tersebut merupakan hasil dari proyek percontohan yang dilakukan Pemkot Semarang. Karena itu dana untuk proses untuk budidaya, bibit, dan pakan tersebut berasal dari APBD Kota Semarang.

Uji coba ini, juga telah berhasil menarik minta dari petambak di daerah Tambaklorok, Semarang Utara, untuk melakukan peninjauan, studi banding, dan pengembangannya lebih lanjut.

Potensi Ekonomi

Sementara itu, Asisten I bidang Administrasi Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Semarang, Widoyono, menyampaikan bahwa budi daya ikan, merupakan potensi ekonomi yang perlu dikembangkan.

Halaman:

Editor: Andy Kristiyan

Terkini

ABTI Jateng Diminta Jaga Tradisi Cetak Pemain Nasional

Selasa, 25 Januari 2022 | 05:45 WIB

Andy Susanto Ketua KBI Salatiga Masa Bakti 2021-2025

Senin, 24 Januari 2022 | 09:15 WIB

Terpilih Aklamasi, Suyantoro Pimpin Inkado Jateng

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:54 WIB

Asiafi Salatiga Seleksi Atlet Senam Aerobik

Jumat, 21 Januari 2022 | 09:15 WIB

Menpora Puas Dengan Prokes IBL 2022

Selasa, 18 Januari 2022 | 16:02 WIB

Pemain Siap Tempur, Satya Wacana Siap Bersaing di IBL

Selasa, 11 Januari 2022 | 20:40 WIB

Setelah 16 Tahun, Bridge Kembali Masuk Popda

Selasa, 11 Januari 2022 | 10:24 WIB
X