Kapasitas Arena Pertandingan PON Maksimal 25 Persen, Ini Pertimbangannya

- Kamis, 23 September 2021 | 20:23 WIB
Proses simulasi gangguang kelistrikan di PON XX. (suaramerdeka.com / dok)
Proses simulasi gangguang kelistrikan di PON XX. (suaramerdeka.com / dok)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Panitia Pengawas dan Pengarah Pekan Olahraga Nasional (Panwasrah PON) Papua mengingatkan kapasitas maksimal arena pertandingan adalah 25 persen, sebagaimana arahan yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo lewat rapat koordinasi di Jakarta.

Informasi ini disampaikan Ketua Panwasrah PON Papua Mayjen TNI (Purn) Dr.Suwarno lewat diskusi virtual di Jakarta, Kamis 23 Seotember 2021 dan menjelaskan persentase itu dihitung dari seluruh orang yang berada dalam arena termasuk atlet, ofisial, juri, dan tenaga pendukung lainnya.

"Presiden sudah menjelaskan maksimal 25 persen. Kalau di arena ada atlet, panitia, dan lainnya itu termasuk dihitung. Jadi untuk jumlah penonton tidak bisa dipastikan," kata Suwarno.

Baca Juga: Target Rampung Akhir Tahun 2021, Pemkot Tancap Gas Selesaikan Pembangunan Jembatan Kaca Tinjomoyo

Dari penjelasan ini, maka bisa dipastikan jumlah penonton yang dibolehkan hadir pada setiap lokasi akan berbeda. Sementara bagi warga yang ingin menonton, diwajibkan menjalani uji suhu tubuh dan panitia akan melakukan "sampling" secara acak memakai metode tes antigen.

"Pokoknya kapasitas arena, baik di dalam maupun luar ruangan, adalah 25 persen. Jumlah penonton juga akan sangat tergantung situasi perkembangan Covid," sebut Suwarno.

Keputusan jumlah kapasitas arena ini juga melalui pertimbangan angka vaksinasi warga di area sekitar arena pertandingan dari empat klaster yaitu Kabupaten dan Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Baca Juga: PTN dan PTS Siap Lakukan Uji Coba Perkuliahan Tatap Muka, Gunakan Sistem Hybrid

Menurut Suwarno, syarat pemerintah pusat agar PON bisa dihadiri penonton adalah tingkat vaksinasi mencapai 70 persen. Namun sampai hari ini di lapangan baru tercapai angka sekitar 60 persen.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Media Sosial Jadi Sarana Efektif Promosi PON XX Papua

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:32 WIB
X