Eksibisi Esports PON XX Papua 2021: Opening Ceremony Sajikan Gemerlap Potensi Ekonomi Indonesia

- Rabu, 22 September 2021 | 13:39 WIB
Opening Ceremony Eksibisi Esports PON XX Papua 2021. (suaramerdeka.com / dok)
Opening Ceremony Eksibisi Esports PON XX Papua 2021. (suaramerdeka.com / dok)

JAYAPURA, suaramerdeka.com - Pembukaan Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 yang berlangsung di Hocky Indoor, Doyo Baru, Jayapura tadi malam penuh gegap gempita kreativitas digital yang menggambarkan keeksotisan dan keluhuran budaya Papua.

Kemudian optimisme menjulangnya prestasi Indonesia yang ditandai dengan kibaran tinggi Merah-Putih, kecerdasan anak-anak muda dalam mengemas sportainment yang penuh dengan ornamen-ornamen kekinian dan menjadi warna utama.

Gambaran gelora industri esports yang menawarkan nilai ekonomi fantastis dan digadang-gadang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional di negara ini begitu jelas ditunjukkan melalui acara pembukaan yang juga ditonton oleh jutaan warga net melalui platform media sosial.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang juga hadir sebagai Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengatakan bahwa dengan besarnya potensi nilai ekonomi yang ditawarkan, Esports diharapkan terus berkembang agar makin kontributif terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional.

Baca Juga: Beberapa Sekolah di Sleman Curi Start PTM, Disdik Langsung Memanggil

“Sumbangan industri Esports pada tahun 2019 tercatat sebesar 1,3 milyar dolar Amerika Serikat. Dalam setahun saja, pendapatan industri esports mampu tumbuh sebesar 33 persen menjadi 1,8 miliar dolar Amerika Serikat,” ujar Sandiaga menggambarkan besarnya potensi industri dengan ekosistem digital yang luas ini terhadap penguatan perekonomian nasional.

Terkait potensi ekonomi dan kritikalnya pengembangan serta pemberdayaan ekosistem lokal, Sandiaga memberikan apresiasi tinggi kepada PBESI yang memberikan panggung istimewa kepada potensi dan talenta lokal.

“Pertandingan persahabatan gim lokal Lokapala sangat positif dalam memacu gairah industri gim lokal baik di pentas nasional maupun dunia.”

Sebelumnya, Ketua Harian PBESI Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H.,M.Hum menegaskan Indonesia memiliki potensi besar di industri esports, baik dari prestasi maupun pengembangan ekosistem dan industrinya.

Baca Juga: Tanggal Rilis Makin Dekat, Coldplay Kembali Beri Cuplikan Lagu Kolaborasi dengan BTS

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Media Sosial Jadi Sarana Efektif Promosi PON XX Papua

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:32 WIB

PON XX Papua: Atlet Terjun Payung Jateng Raih Emas

Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:23 WIB
X