Perpres 86/2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional Resmi DIterbitkan, Ini Isinya

- Sabtu, 18 September 2021 | 07:30 WIB
Salinan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional. (setkab.go.id)
Salinan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional. (setkab.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) resmi diterbitkan Presiden Joko Widodo,

Perpres ini ditandatangani Presiden Joko Widodo tepat pada Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 Tahun 2021 pada tanggal 9 September 2021.

Yang menjadi dasar pertimbangan diterbitkannya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) ini adalah diperlukannya arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang keolahragaan.

“Pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional secara terintegrasi dan kolaboratif perlu didukung dengan kebijakan yang bersinergi dalam desain besar olahraga nasional dan selaras dengan perencanaan pembangunan nasional,” dalam peraturan yang dapat diakses pada laman JDIH Sekretariat Kabinet ini.

Baca Juga: APBD Perubahan 2021: Pemkot Masukkan Program Sesuai Visi Misi Wali Kota dan Wakil Magelang

DBON merupakan dokumen rencana induk yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, dan industri olahraga.

Adapun tujuan dari DBON adalah untuk meningkatkan budaya olahraga di masyarakat; meningkatkan kapasitas, sinergitas, dan produktivitas olahraga prestasi nasional; serta memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga.

DBON berfungsi untuk memberikan pedoman bagi pemerintah pusat, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, organisasi olahraga, induk organisasi cabang olahraga, dunia usaha dan industri, akademisi, media, dan masyarakat dalam penyelenggaraan keolahragaan nasional sehingga pembangunan keolahragaan nasional dapat berjalan secara efektif, efisien, unggul, terukur, akuntabel, sistematis, dan berkelanjutan,” demikian disebutkan dalam Pasal 2 ayat (2).

Dalam DBON ini tertuang lima hal.

Baca Juga: Tak Punya Klub, Klaas-Jan Huntelaar Putuskan Pensiun dari Sepak Bola

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Media Sosial Jadi Sarana Efektif Promosi PON XX Papua

Kamis, 14 Oktober 2021 | 22:32 WIB

PON XX Papua: Atlet Terjun Payung Jateng Raih Emas

Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:23 WIB

Tim Voli Putri Jateng Harus Puas Raih Perak

Selasa, 12 Oktober 2021 | 21:46 WIB

Disorda Papua Bentuk Tim untuk Kelola Arena PON

Selasa, 12 Oktober 2021 | 21:19 WIB

Jateng Tambah Medali Emas dari Biliar di PON XX Papua

Selasa, 12 Oktober 2021 | 20:59 WIB
X