Peringatan Haornas, Menpora Harap Presiden Joko Widodo Lakukan Kick Off DBON

- Kamis, 2 September 2021 | 08:12 WIB
Menpora Zainudin Amali saat menyampaikan opening speech dalam acara Sosialisasi DBON Kemenpora bersama PWI Pusat secara virtual. (suaramerdeka.com / dok)
Menpora Zainudin Amali saat menyampaikan opening speech dalam acara Sosialisasi DBON Kemenpora bersama PWI Pusat secara virtual. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang akan diperingati pada 9 September 2021, bakal menjadi sejarah berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sebab pada saat itu nanti, pemerintah bakal meluncurkan Design Olahraga Nasional atau Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Tekad kami, tanggal 9 September 2021 kick off Desain Besar Olahraga Nasional. Kami harapkan akan dilakukan langsung bapak Presiden (Jokowi) pada hari peringatan Hari Olaharaga Nasional ke-38, tanggal 9 September 2021,” kata Menpora Zainudin Amali saat menyampaikan opening speech dalam acara Sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kemenpora bersama PWI Pusat secara virtual, Rabu (1/9).

Menpora kembali menjelaskan bahwa DBON disusun atas arahan Presiden Joko Widodo dalam meningkatkan prestasi atlet nasional.

Baca Juga: Kirab Api PON Secara Virtual Resmi Dimulai, KONI Minta Dukungan Semua Kalangan

“Beliau memberikan arahan sekaligus perintah kepada saya untuk melalukun sesuatu karena kerisauan Presiden. Pak Presiden galau bagaimana kok bisa 267 juta penduduk Indoneisa. Tapi kita tidak mampu mencapai prestasi yang membanggakan. Walaupun sekarang sudah ada,” ujarnya.

Menurut Amali, DBON disusun bersama stakeholder olahraga antara lain pakar olahraga, akademisi, praktisi serta organisasi olahraga seperti KONI dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Sebab, menyadari bahwa prestasi olahraga harus didesain secara sistematis, berkelanjutan dan masif.

“Prestasi Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo apakah itu hasil pembinaan, desain? saya berani katakan tidak. Itu adalah prestasi-prestasi yang kita dapatkan by accident, nemu. Kita tidak boleh lagi cara kita seperti itu. Untuk membuat prestasi harus dirancang, harus disiapkan, harus dipabrik. Tanpa itu maka kita akan begini terus,” tegasnya.

Baca Juga: VID Jembatani Kreator dan Penerbit Lagu di YouTube

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X