• KANAL BERITA

Proyek SORR Tidak Bisa Diselesaikan dalam Satu Tahun

Jalan Pantura, tepatnya Jalan Raya Mangkang yang menghubungkan Semarang-Kendal padat dilintasi kendaraan berat. (suaramerdeka.com/Yulianto)
Jalan Pantura, tepatnya Jalan Raya Mangkang yang menghubungkan Semarang-Kendal padat dilintasi kendaraan berat. (suaramerdeka.com/Yulianto)

SEMARANG, suaramerdeka.com- Penyelesaian pembangunan Semarang Outer Ring Road (SORR) nampaknya tidak dapat segera terwujud. Pasalnya, proyek SORR yang dibangun dari Jalan Arteri Yos Sudarso hingga Mangkang tersebut tidak cukup diselesaikan dalam satu tahun. Hal tersebut disampaikan Plt Sekda Kota Semarang, Agus Riyanto, Senin (2/7).

"Karena biaya cukup mahal, pembebasan lahan mencapai Rp 300 miliar. Sehingga tidak bisa diselesaikan dalam waktu satu tahun ini. Kira-kira butuh waktu sekitar tiga hingga empat tahun," ujarnya.   

Namun demikian, lanjut Agus, mudah-mudahan SORR ini bisa terwujud sehingga bisa mengurai kemacetan di Semarang. "Konsepnya terakhir masih jalan tol," terangnya.

Terpisah, Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang, Saelan mengakui, hingga saat ini proyek SORR masih dalam proses pembebasan lahan. "Pembebasan lahan belum apa-apa, sebagian sudah dibayarkan. Belum ada 10 persen yang sudah dibebaskan," katanya.

Saat ini lahan yang sudah dilakukan pembayaran berada di proyek SORR lingkar selatan, yakni di daerah kelurahan Wates dan merupakan bagian ruas jalur lingkar antara Mangkang hingga Mijen.


(Yulianto/CN40/SM Network)