• KANAL BERITA

SMK 4 Kendal Siapkan Kuota Warga Miskin

MASUKKAN DATA: Sejumlah calon peserta didik memasukkan data diri ke dalam PPDB Online di SMK 4 Kendal. (Foto: suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)
MASUKKAN DATA: Sejumlah calon peserta didik memasukkan data diri ke dalam PPDB Online di SMK 4 Kendal. (Foto: suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)

KENDAL, suaramerdeka.com – SMK 4 Kendal berusaha memenuhi kuota untuk siswa tidak mampu dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Online Tahun 2018/2019. Kuota bagi siswa-siswi kurang mampu tersebut 20 persen dari daya tampung sekolah.

Kepala SMK 4 Kendal Kusdarmanto, mengatakan, kuota 20 persen itu merupakan minimal dan tidak menutup kemungkinan terjadi penambahan. Namun, hingga kemarin, pihaknya belum bisa menentukan jumlahnya. ‘’Saat ini masih proses pendaftaran dan verifikasi,’’ kata dia, Senin (2/7).

Dia mengatakan, sekolahnya menargetkan menjaring 504 peserta didik. PPDB tahun ini, SMK 4 Kendal menyiapkan 14 kelas dimana satu kelas maksimal 36 anak didik. ‘’Tahun lalu kami juga menyediakan 14 kelas, tetapi tidak seluruhnya 36 anak, ada dua kelas yang tidak mencapai 36 siswa-siswi,’’ kata dia di dampingi Wakahumas Fahrur.

SMK 4 Kendal memiliki enam kompetensi keahlian, yakni Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Kendaraan Ringan, Agribisnis Perikanan Air Tawar, Teknik Komputer dan Jaringan, Nautika Kapal Penangkap Ikan, dan Tata Boga.

‘’Peserta didik sering memilih jurusan RPL, TKR, dan TKJ. Padahal jurusan perikanan dan kapal penangkap ikan tidak kalah bagus peluangnya bisa diterima bekerja dan mengembangkan usaha,’’ tuturnya.

Ketua Panitia PPDB Online SMK 4 Kendal, Luqman Hakim, menambahkan mulai 1 – 6 Juli merupakan pendaftaran online mandiri maupun lewat sekolah. Setelah peserta berhasil mendaftar proses selanjutnya verifikasi berkas seperti ijazah SMP/sederajat, akta kelahiran.

Selain itu, kartu keluarga, SKTM dari kabupaten/kota, surat keterangan sehat, piagam atau prestasi tertinggi yang diraih dan lain sebagainya. ‘’Verifikasi berkas peserta didik datang ke sekolah. Selain itu ada tes khusus dan pengumuman diterima atau tidak paling lambat 11 Juli,’’ jelas dia.

Salah satu pendaftar, Rayhan, mengaku datang sendiri ke sekolah untuk melakukan pendaftaran dan verifikasi berkas. Alumni MTs 1 Kendal itu, memilih jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. ‘’Datang sendiri buat pengalaman. Ternyata di sekolah juga bertemu sesama teman dari alumni MTs,’’ katanya


(Rosyid Ridho/CN41/SM Network)