• KANAL BERITA

Smart City Sudah Menjadi Keharusan

Bupati Bantul, Suharsono dengan didampingi Kepala Dinas Kominfo, Pemkab Bantul, Nugroho Eko Setyanto saat launching Lapor Bantul di pemkab setempat, kemarin. (Foto suaramerdeka.com/Sugiarto)
Bupati Bantul, Suharsono dengan didampingi Kepala Dinas Kominfo, Pemkab Bantul, Nugroho Eko Setyanto saat launching Lapor Bantul di pemkab setempat, kemarin. (Foto suaramerdeka.com/Sugiarto)

BANTUL, suaramerdeka.com - Di era teknologi informasi seperti sekarang ini, smart city sudah menjadi keharusan bagi setiap pemerintah daerah. Untuk itu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menjadi pilihan tepat, karena selain menghemat biaya juga efektif dan effisien, khususnya dalam menyelesaikan masalah.

Berkaitan dengan itu, maka Pemerintah Kabupaten Bantul meluncurkan aplikasi mobile berbasis apps dan iOS 'Lapor Bantul'. Aplikasi Lapor Bantul, menurut Nugroho Eko Setyanto, Kepala Dinas Kominfo, Pemkab Bantu, merupakan aplikasi yang berguna bagi masyarakat untuk sarana pengaduan warga kepada Pemkab Bantul.   

Menurut Nugroho, untuk sementara pada tahap awal dengan gawai Lapor Bantul dapat diunduh melalui google play. Sedangkan untuk iOS masih dalam proses verifikasi oleh pihak Apple. ''Untuk gawai Lapor Bantul, sudah bisa diakses,'' kata Nugroho Eko Setyanto, saat peluncuran aplikasi Lapor Bantul di pemkab setempat, Senin (2/7). 

Lapor Bantul, lanjut Nugroho, dibangun dengan tujuan untuk memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat khususnya dalam menyampaikan aduan kepada Pemkab Bantul serta mewujudkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan melalui mekanisme 'bottom up' yang effektif.

"Dengan aplikasi ini, kita berharap permasalahan tentang pelayanan publik dapat segera diberikan solusi terbaik serta dapat digunakan sebagai salah satu masukan dalam perencanaan pembangunan yang betul-betul didasarkan pada kebutuhan atau permasalahan riil masyarakat," katanya.

Sementara Bupati Bantul, Suharsono mengatakan, aplikasi Lapor Bantul diharapkan memudahkan masyarakat Bantul untuk melaporkan segala permasalahan dan bisa segera ditangani. "Lapor Bantul ini, merupakan bagian tahapan untuk menuju Bantul Smart City," ujarnya.

Mantan perwira menengah Polda Banten ini menyatakan, Kabupaten Bantul merupakan salah satu daerah dari 50 daerah yang dijadikan pilot project smart city pada tahun 2018 oleh Kominfo sehingga menjadi bagi kabupaten atau kota lain di Indonesia.

''Sampai tahun 2019 Kominfo mencanangkan 100 kabupaten-kota menjadi smart city yang sudah dimulai sejak tahun 2017 sebanyak 25 kabupaten kota, sedangkan tahun 2018 ada sebanyak 50 kabupaten kota dan pada tahun 2019 sebanyak 25 kabupaten-kota menjadi smart city," jelas bupati.


(Sugiarto/CN19/SM Network)