• KANAL BERITA

Dewan Temukan Campuran Material Jelek

Papan proyek peningkatan jalan di Jl Kepoh-Jaten dipasang di tepi jalan agar tak rawan kecelakaan. (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)
Papan proyek peningkatan jalan di Jl Kepoh-Jaten dipasang di tepi jalan agar tak rawan kecelakaan. (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)

KLATEN, suaramerdeka.com - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Klaten, Darto mengatakan, berdasarkan temuan saat sidak sebelum Lebaran, dewan menemukan campuran material proyek infrastruktur tidak sesuai dengan spek di beberapa titik wilayah barat. Di antaranya pada proyek pembangunan talut jalan di Kecamatan Prambanan dan Manisrenggo.

Pelaksana membuat campuran perbandingan pasir dan semen 12:1, atau 12 ember pasir hanya diberikan satu sak semen. Padahal idealnya perbandingan 6:1. Atas temuan itu, pelaksana proyek sudah diminta untuk memperbaiki campuran.

Berbeda dari tahun lalu di APBD 2017, komisi sampai meminta bangunan dibongkar. Tahun ini tidak diminta dibongkar sebab saat ditemukan posisi kegiatan belum banyak masuk ke tahap pasangan batu talut. Dewan minta campuran agar bagus.

Plt Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Kabupaten Klaten, Suryanto mengatakan, atas temuan itu, Dinas sudah memerintahkan revisi bahkan pembongkaran. ‘’Tujuannya agar hasilnya maksimal,'' katanya.

Setiap penyimpangan atau ketidaksesuaian akan segera ditindaklanjuti. Di pekan pertama usai Lebaran sudah ada 20 titik kegiatan jalan yang sudah mulai lagi dikerjakan. Diakuinya yang sudah banyak kegiatan ada di Kecamatan Manisenggo dan Prambanan, termasuk di wilayah perbatasan dengan DI Yogyakarta.


(Achmad Hussain/CN40/SM Network)