• KANAL BERITA

Proyek Stadion Paras Dimatangkan

Foto: istimewa
Foto: istimewa

BOYOLALI, suaramerdeka.com - Rencana pembangunan Proyek Stadion Paras di Desa Paras, Kecamatan Cepogo terus dimatangkan. Di desa tersebut bakal dibangun stadion megah untuk merelokasi stadion Pandan Arang serta arena otomotif dan lapangan panahan.

‘’Jadi tak hanya stadion saja, namun juga arena otomotif dan lapangan panahan,’’ ujar Bupati Seno Samodro.

Diakui, anggaran untuk merealisasikan sangat besar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali paling tidak butuh Rp 300 miliar untuk membangun tiga mega proyek itu.

Proyek akan dibangun secara bertahap. ‘’Blueprint kawasan olah raga ini sudah jelas. Tinggal menyesuaikan anggaran untuk membangun bagian mana dulu yang akan dikerjakan,’’ jelasnya.

Kawasan olah raga itu nanti dibangun di atas lahan 21 hektare dan sedikitnya dibutuhkan waktu tiga tahun rampung. Luas kawasan stadion 9 hektare. ‘’Stadion akan digunakan sebagai akademi sepak bola Boyolali. Lokasinya di kaki Gunung Merapi dinilai sangat cocok untuk tempat berlatih,’’ ujarnya.

‘’Hawa dingin dan kadar oksigen yang rendah bisa memacu stamina tubuh pemain lebih maksimal dibandingkan latihan di dataran rendah,’’ tambahnya.

Sedangkan untuk lapangan panahan juga representatif. Kontur tanah berundak-undak, menjadikan lapangan Panahan ini sangat aman. Tanah tebing dapat menjadi pembatas untuk menjaga anak panah tetap di lokasi.

Kasi Pengembangan Ilmu Pengetahuan Industri dan Lembaga Keolahragaan Dinas Pemuda OLahraga dan Pariwisata (Disporapar) Boyolali, Agus Sucipto menambahkan, pihaknya akan membangun jalan baru i sisi selatan SMAN Cepogo. ‘’Ini untuk mempermudah akses ke stadion. Jalan lama di depan Pesanggarahan Pracimaharjo tetap dipertahankan,’’ tandasnya.


(Joko Murdowo/CN40/SM Network)