• KANAL BERITA

Anggota Paguyuban Senam Segar Ikuti Silaturahmi

Foto: Ketua Umum Paguyuban Senam Sedya Gawe Rahayu (Segar) dokter Supriyadi bersalaman bersalaman dengan anggotanya saat menggelar silaturahmi di Gedung Pertemuan LKMD Kecamatan Adimulyo, Kebumen. 9suaramerdeka.com/Supriyanto)
Foto: Ketua Umum Paguyuban Senam Sedya Gawe Rahayu (Segar) dokter Supriyadi bersalaman bersalaman dengan anggotanya saat menggelar silaturahmi di Gedung Pertemuan LKMD Kecamatan Adimulyo, Kebumen. 9suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Salah satu peguyuban senam yang patut dicontoh eksistensi dan kekompakannya adalah Paguyuban Senam Sedya Gawe Rahayu (Segar). Lebih dari 3.000 anggotanya tersebar di lima kecamatan yakni Adimulyo, Petanahan, Puring dan Kuwarasan. 

Tak hanya rutin mengikuti senam bersama untuk menjaga kesehatan, para anggotanya juga rutin menggelar silaturahmi. Seperti Jumat (29/6) siang, anggota Paguyuban Senam Segar mengikuti silaturahmi dan halalbihalal di Gedung Pertemuan LKMD Kecamatan Adimulyo.

Silaturahmi yang dihadiri oleh jajaran Muspika Adimulyo, serta Ketua Umum Senam Segar dokter Supriyadi itu menghadirkan pembicara Nyai Hj Titi Wahyuni dari Kutowinangun. Acara disambut antusias oleh anggota paguyuban senam.

Ketua Umum Paguyuban Senam Segar dokter Supriyadi menyampaikan paguyuban Senam Segar tidak hanya di Adimulyo dan sekitarnya saja. Tetapi mencakup lebih luas di kecamatan di Kebumen. Artinya artinya Senam Segar bisa diterima di seluruh wilayah Kebumen sebagai bagian gaya hidup sehat masyarakat.

"Selain murah meriah, senam juga bisa dilakukan di mana saja. Kegiatan senam segar juga mendukung program pemerintah karena di sela-sela senam dilakukan promotif preventif tentang kesehatan," ujar dokter Supriyadi didampingi Koordinator Pelaksana Senam Segar Dwi Yuli SP di sela-sela acara.

Anggota paguyuban terus bertambah, hingga saat ini lebih dari 3.000 anggota. Setiap seminggu sekali, mereka secara aktif melakukan senam bersama. Lokasi senam terbagi di sejumlah titik. 

"Hanya saat momentum tertentu, seluruh anggota mengikuti senam bersama di satu lokasi," ujarnya.

Lansia Sehat

Pada intinya, imbuh dokter Supriyadi, paguyuban ini dari dan untuk masyarakat. Untuk pendanaan dilakukan secara sukarela dari anggota juga berasal dari para donatur. Misi Paguyuban Senam Segar ialah untuk mewujudkan lansia y'ang sehat, gembira dan memiliki jiwa muda.

Meskipun usia anggota banyak yang di atas 60 tahun bahkan ada yang 80 tahun namun tetap energik dengan semangat muda. Dengan membangun lansia yang segat, bugar dan gembira akan menekan angka kesakitan bagi para lansia yang ada di Kecamatan Adimulyo.

"Selain menjaga kesehatan bagi para lansia, paguyuban senam lansia sekaligus untuk menjaga kehidupan sosial bagi para lansia," ujarnya.

Nyai Hj Titi Wahyuni dalam ceramahnya menyampaikan bahwa olahraga senam jika diniati ibadah sebagai ikhtiar untuk sehat bisa mendapatkan pahala. Dengan tubuh yang sehat bisa menjadi menjadi bekal untuk beribadah kepada Allah SWT.

"Apalagi bagi ibu-ibu bagi yang rajin senam dapat terjaga kesehatannya, sehingga dapat menyenangkan ayang papi," ujarnya disambut tepuk tangan hadirinya yang didominasi ibu-ibu. 


(Supriyanto/CN42/SM Network)