• KANAL BERITA

Independensi KPPU Harus Tetap Dijaga

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Independensi Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) harus tetap dijaga. Hal ini penting untuk menjaga integritas KPPU dalam mengawasi dan menangani permasalaha seputar persaingan usaha. Wacana menghilangkan KPPU dan menjadikannya lembaga yang berada di bawah Kementerian Perdagangan tidak tepat.

Kepala Penelitian Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Hizkia Respatiadi mengatakan, Independensi KPPU penting dalam menjaga iklim usaha yang kondusif. Keterkaitan KPPU dengan Kementerian Perdagangan hanya akan merusak iklim usaha dan rawan akan konflik kepentingan.

Soal independensi, lanjutnya, pmerintah seharusnya bisa meliht amanah di UU nomor 5 tahun 1999 di mana disebutkan bahwa KPPU adalah suatu lembaga independen yang terlepas dari pengaruh dan kekuasaan pemerintah serta pihak lain.

"Dengan melihat UU ini, wacana pembentukan lembaga lain di bawah Kementerian Perdagangan seharusnya sudah gugur sejak awal. Persaingan usaha harus diawasi oleh lembaga yang independent. Lagipula pembentukan lembaga baru akan memakan waktu yang tidak sedikit," jelasnya.

Wewenang KPPU juga tercantum di UU nomor 20 tahun 2008 tentang UMKM pasal 35 yang menyebutkan pelaksanaan kemitraan (antar usaha) diawasi secara tertib dan teratur oleh lembaga yang dibentuk dan bertugas untuk mengawasi persaingan usaha sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

"Pemerintah seharusnya memperkuat kapasitas KPPU supaya bisa lebih optimal dalam menjalankan tugasnya. Tidak sedikit pengaduan soal persaingan usaha yang masuk ke KPPU dan membutuhkan penyelesaian untuk kepastian iklim investasi," ungkap Hizkia.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)