• KANAL BERITA

KPA Klaten Sisir Kasus HIV/ AIDs Baru

ARUS MUDIK: Sisa arus mudik masih melintas di Jl Yogya-Solo, Kota Kecamatan Delanggu, Jumat (29/6). (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)
ARUS MUDIK: Sisa arus mudik masih melintas di Jl Yogya-Solo, Kota Kecamatan Delanggu, Jumat (29/6). (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)

KLATEN, suaramerdeka.com - Komisi Penanggulangan HIV/ AIDs (KPA) Kabupaten Klaten mulai menyisir semua wilayah untuk menemukan kasus baru. Kegiatan itu dilakukan untuk mencegah kerawanan kasus baru masuk.

Menurut Pelaksana Program KPA Kabupaten Klaten, Amin Bagus Panuntun dalam pekan ini komisi akan mulai menyisir ke semua wilayah. "Sudah beberapa tetapi belum semuanya kami cek,'' jelasnya, Jumat (29/6).

Amin mengatakan, penyisiran dilakukan dengan berkoordinasi bersama Puskesmas, RS dan pemerintah desa. Penyisiran dilakukan sebab saat arus mudik lebaran menjadi waktu rawan temuan kasus baru.

Saat even mudik, banyak warga pulang kampung dari kota besar atau pendatang dari luar daerah. Bisa jadi ada kasus baru yang masuk dari luar kota atau ada temuan baru warga lokal yang pulang dari luar daerah.

Sampai pekan pertama usai lebaran, KPA belum mendapatkan laporan ada kasus baru. Namun mengingat HIV/ AIDs seperti fenomena gunung es, pencarian informasi tidak akan dihentikan.

Selama tahun 2018, KPA mencatat ada 44 kasus baru yang masuk sejak bulan Januari sampai Mei. Pada bulan Januari ada 13 kasus, bulan Februari ada temuan 11 kasus, di bulan Maret ada lima kasus, pada bulan April ada sebanyak delapan kasus dan di bulan Mei ada tujuh kasus. Total kasus HIV/ AIDs di Kabupaten Klaten sejak KPA dibentuk tahun 2007 sampai 2018 mencapai 683. 


(Achmad Hussain/CN39/SM Network)