• KANAL BERITA

Timbangan Rusak, Pemkab Rembang Hitung Manual Material Tambang

Jembatan timbangan tambang di Desa Wonokerto Kecamatan Sale sudah sejak pertengahan Juni lalu rusak dan masih belum bisa digunakan sampai hari ini. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)
Jembatan timbangan tambang di Desa Wonokerto Kecamatan Sale sudah sejak pertengahan Juni lalu rusak dan masih belum bisa digunakan sampai hari ini. (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka.com – Pemkab Rembang melalui Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), terpaksa melakukan penghitungan material tambang secara manual. Pasalnya, satu-satunya timbangan tambang yang difungsikan di Wonokerto Sale rusak sejak pertengahan bulan Juni.

Kerusakan timbangan tambang di Wonokerto terjadi akibat kecelakaan kecil saat proses penimbangan truk muatan tambang. Bodi timbangan terlepas dari dudukannya setelah tergencet bagian roda truk yang sedang ditimbang.

Kabid Pendapatan BPPKAD Rembang, M Romli mengungkapkan, saat ini tim teknis masih berusaha melakukan perbaikan. Tuntasnya proses perbaikan masih harus menunggu kedatangan sparepart yang dipesan.

“Kalau lama tidak dapat sparepart baru, rencana timbangan akan kami bongkar, dan diganti unit baru dengan merk lain. Selanjutnya akan dilakukan seting solfware kembali. Namun, pilihan ini akan menambah biaya,” terang Romli.

Sejatinya, BPPKAD masih memiliki satu timbangan lagi di Desa Gading Kecamatan Sale. Namun, timbangan tersebut sampoi sekarang masih dalam tahap penyempurnaan sehingga belum bisa untuk membackup lalu-lintas tambang.

Romli mengklaim, meski pun penghitungan material tambang dilakukan manual, tidak ada potensi kehilangan penghitungan tonase yang masuk hitungan pajak. Sementara ini, solusi lainnya adalah penggunakan ata-rata hasil timbangan dari masing-masing perusahaan pada bulan sebelum timbangan rusak.

“Dampakanya adalah kami tidak bisa memperoleh bobot riil setiap armada tambang yang lewat. Potensi kehilangan ritase tidak ada karena kami lakukan pencatatan manual. Idealnya, di satu lokasi penimbangan harus ada dua timbangan yang bisa berfungsi cadangan antisipasi kerusakan,” tandasnya.


(Ilyas al-Musthofa/CN40/SM Network)