• KANAL BERITA

Dunia Akui Kinerja PVMBG dalam Pemantauan dan Manajemen Krisis Gunung Api

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM memperoleh penghargaan terbaik dunia dalam bidang pengamatan dan pemantauan vulkanologi dan mitigasi bencana geologi.

PVMBG Kementerian ESDM mendapatkan penghargaan kinerja yang tinggi dalam Pemantauan dan Manajemen Krisis Gunung Api dari organisasi vulkanologi terbesar dunia yakni International Association of Volcanology and Chemistry of the Earth`s Interior (IAVCEI).

Menteri ESDM Ignasius Jonan dalam siaran pers di Jakarta, Kamis (28/6), mengapresiasi torehan prestasi yang diraih PVMBG ini. Ia berharap di masa mendatang untuk dapat lebih ditingkatkan.

"Selamat saya ucapkan kepada PVMBG. Prestasi ini sangat membanggakan. Ini membuktikan bahwa Kementerian ESDM telah memberikan yang terbaik bagi pengelolaan sumber daya alam, termasuk di dalamnya melindungi masyarakat dari bencana geologi, khususnya gunung api," ujarnya.

Sementara, Presiden IAVCEI Don Dingwell mengatakan pihaknya telah memutuskan dan memilih PVMBG untuk menerima penghargaan atas kinerja dalam Pemantauan dan Manajemen Krisis Gunung Api. Penghargaan akan diberikan bertepatan dengan penyelenggaraan Cities on Volcanoes di Napoli pada 2-7 September 2018.

Sementara itu Kepala PVMBG Kementerian ESDM, Kasbani menambahkan penghargaan IAVCEI merupakan pertama kali dilakukan dan belum ada organisasi vulkanologi dari negara lain, yang pernah menerimanya.

Menurut Kasbani, penghargaan ini merupakan prestasi yang membanggakan karena dari ratusan organisasi vulkanologi di seluruh dunia, PVMBG terpilih menjadi organisasi pertama yang menerimanya.

Hal ini menunjukkan bahwa apa yang dilakukan PVMBG selama ini sudah baik, sehingga diapresiasi organisasi vulkanologi terbesar di dunia yakni IAVCEI.


(RRI/CN41/SM Network)