• KANAL BERITA

UIN Sunan Kalijaga Tambah Tiga Guru Besar

foto: istimewa
foto: istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Segenap sivitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, boleh senyum bangga karena dalam waktu dekat ini perguruan tinggi Islam tersebut bakal mengukuhkan 3 guru besar. Pengukuhan akan dilaksanakan dalam rapat senat terbuka pada pengukuhan guru besar di kampus setempat.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Drs KH Yudian Wahyudi, BA, MA, PhD mengatakan itu di kampus setempat, kemarin. Kebetulan, lanjut rektor, dalam waktu dekat ini UIN Sunan Kalijaga, akan melaksanakan agenda-agenda penting dalam rangka pengembangan akademik UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. 

Ketiga guru besar yang akan segera dikukuhkan tersebut, adalah Prof Dr H Kamsi, MA, kemudian Prof Dr Euis Nurlaelawati, MA dan Prof Dr Phil Al Makin, SAg, MA. Ketiganya merupakan staf pengajar di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, yang telah memiliki prestasi dibidang pengetahuan. 

Ketiganya dikukuhkan dalam waktu yang tidak bersamaan, agar masyarakat kampus maupun masyarakat luas bisa lebih memahami capaian keilmuan yang telah digeluti ketiganya hingga mencapai Guru Besar dibidangnya masing-masing. 

Menurut Rektor UIN Sunan Kalijga, pengukuhan ini sengaja dilakukan sendiri-sendiri karena tantangan, rintangan dan pergulatan keilmuan ketiganya merupakan proses jihat ilmiah tentu penting dipahami masyarakat, sehingga pengukuhannya harus dilaksanakan secara sendiri-sendiri.

Lebih jauh Prof Yudian Wahyudi menyampaikan, agenda pengembangan akademik yang lain adalah UIN Sunan Kalijaga membuka kompetisi untuk para dosen agar menulis karya-karya riset ilmiah dan mengikutsertakan dalam kompetisi publikasi di tingkat Internasional.   

Salah satunya adalah bagi dosen yang karya riset ilmiahnya bisa terpublikasi di Jurnal Internasional Q1 (Jurnal Ilmiah Internasional Rangking 1 Dunia) diberi hadiah uang tunai sebesar Rp. 100.000.000 di Q2 Rp75.000.000 dan di Q3 Rp50.000.000. 

Selain itu Kampus UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, juga memberikan beasiswa pelatihan bahasa Inggris kepada para dosen, karyawan dan para alumni terbaik secara bertahap. Pada tahap I telah terlaksana beasiswa pelatihan Bahasa Inggris untuk 30 dosen, 33 karyawan dan 60 alumni.

Selain itu, dalam waktu dekat ini Rektor UIN Sunan Kalijaga ditetapkan sebagai Presiden  AIUA, dan kampus UIN Sunan Kalijaga sebagai Sekretariat Pusat Pengembangan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Islam Asia.

Artinya, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, dipercaya untuk melaksanakan konferensi internasional membahas tentang pandoman dan kriteria Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Islam Asia yang akan dihadiri tidak kurang dari 100 Perguruan Tinggi Islam se-Asia.


(Sugiarto/CN34/SM Network)