• KANAL BERITA

Pelayanan Publik Mudah, Murah, dan Cepat

Jepara Menuju Smart City

SMART CITY: Tim dari Diskominfo, Bappeda dan Bagian Hukum Setda saat membahas konsep smart city di ruang rapat Diskominfo Jepara, Selasa lalu. (Foto suaramerdeka.com/Muhammadun Sanomae)
SMART CITY: Tim dari Diskominfo, Bappeda dan Bagian Hukum Setda saat membahas konsep smart city di ruang rapat Diskominfo Jepara, Selasa lalu. (Foto suaramerdeka.com/Muhammadun Sanomae)

JEPARA, suaramerdeka.com - Pemkab Jepara sedang berbenah menuju peningkatan pelayanan publik yang mudah, cepat dan murah. Kebijakan ini merupakan konsekuensi pengembangan konsep smart city bermuara pada pengembangan sekaligus peningkatan pelayanan ke publik.

‘’Jadi bagaimana menyelenggarakan pelayanan publik yang makin mudah, murah, dan cepat,’’ kata Kepala Diskominfo Kabupaten Jepara Yoso Suwarno. Pemkab melalui Diskominfo Kabupaten Jepara menggelar rapat  pembahasan rancangan surat keputusan (SK) Dewan Smart City Jepara.

Pembahasan tersebut merupakan tindak lanjut dari kesepahaman Pemkab Jepara yang ditandatanngani Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, terkait Program Gerakan Menuju 100 Smart City ini.

Pembahasan tersebut berlangsung di ruang rapat Diskominfo Kabupaten Jepara, Selasa (26/6). Selain Diskominfo, hadir Bappeda, dan Bagian Hukum Setda Jepara. Rapat untuk membentuk dewan dan tim pelaksana smart city. ‘’Nantinya, dewan ini menjadi semacam perumus kebijakan dalam mengembangkan konsep smart city Jepara,’’ ujar Yoso.

Setelah tim terbentuk nanti akan mendapatkan bimbingan teknik langsung dari kementerian.  Agenda berikutnya melanjutkan penyusunan peta jalan pengembangan smart city Jepara. Konsep smart city Jepara ini akan memberikan pilihan untuk mengembangkan layanan publik. Smart city ini nantinya juga bukan sekadar digitalisasi, tetapi basisnya adalah kebijakan.

Sementara itu, Kepala Bidang Sosial dan Budaya Bappeda Kabupaten Jepara Anik Susila mengatakan pihaknya mendukung program smart city di mana Bappeda berperan menyusun peta jalan program tersebut pada 2018 ini. 


(Muhammadun Sanomae/CN19/SM Network)