• KANAL BERITA

Tiga Prodi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Raih Akreditasi A

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Tiga prodi di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Ketiga prodi tersebut, adalah Prodi Pendidikan Kimia berhasil mempertahankan Akreditasi A, setelah melalui Visitasi Reakreditasi pada Tanggal 29, 30 dan 31 Mei 2018. Kemudian Prodi Kimia berhasil meraih Akreditasi A dari Akreditasi B dengan score 362, setelah melalui Visitasi Reakreditasi bersamaan dengan Prodi Pendidikan Kimia.

''Dalam prodi ini bertindak sebagai Assesor kedua Prodi ini, adalah Prof Sumi Hudiyono dari Universitas Indonesia (UI) dan Dr Bambang Yudono (Universitas Riau),'' ujar Ketua Prodi Pendidikan Kimia, Karmanto MSi dengan didampingi Humas UIN Sunan Kalijaga, Ibu Weni di kampus setempat, kemarin.

Sementara, Prodi Matematika juga berhasil meraih Akreditasi A dengan score 365, yang sebelumnya terakreditasi B setelah melalui Visitasi Reakreditasi pada Tanggal 27, 28, 29 Mei 2018, oleh Assesor Dr Titin Siswantining, DEA, dari Jurusan Matematika UI, dan Dr Anang Kurnia, MSi, dari Jurusan Statistika IPB.

Lebih lanjut Karmanto menjelaskan, Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta merupakan salah satu program studi unggulan PTKIN Kementerian Agama Republik Indonesia di luar bidang keilmuan 'Islamic Studies'.

Berbagai predikat pengembangan akademik telah dicapai, antara lain terakreditasi dengan peringkat A BAN-PT (2013-2018), sertifikasi ISO 9001:2015, Anugrah Program Studi Teladan Mutu 2016, serta sertifikasi internasional dari ASEAN University Network –Quality Assurance (AUN-QA) 2017.

Sementara Ketua Prodi Matematika, Dr Muhammad Wakhid Musthofa, MSi, menjelaskan, Prodi Matematika UIN Sunan Kalijaga memiliki keunggulan yang tidak dimiliki Perguruan Tinggi lain sebagai nilai plus, sehingga bisa meraih akreditasi A. Yakni, Kurikulum yang mencirikan integrasi-interkoneksi.

Ada dua matakuliah yang mencirikan integrasi interkoneksi. Matakuliah Matematika Hisab Rukyat dan matakuliah Matematika Ekonomi Syariah. Dua matakuliah ini, kata dia, hanya terdapat di Prodi Matematika UIN Sunan Kalijaga dan tidak ada di prodi matematika Perguruan Tinggi lain.


(Sugiarto/CN42/SM Network)