• KANAL BERITA

Pesawat Angkut Pasukan Brimob Ditembaki Tentara OPM

Foto: istimewa
Foto: istimewa

NDUGA, suaramerdeka.com - Pesawat Trigana Air PK-YRU jenis Twin Otter yang mengangkut pasukan Brimob dari Wamena, ditembaki tentara Organisasi Papua Merdeka (OPM). Peristiwa penembakan itu terjadi, saat pesawat mendarat di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Senin (25/6).

“Posisi pesawat saat itu sudah mendarat dan di ujung landasan hendak menuju parkiran, tiba-tiba di berondong tembakan dari  semak-semak di sekitar Bandara,” kata Juru Bicara Polda Papua, Ahmad Mustofa Kamal.  

Aparat gabungan TNI dan Polri yang berada di sekitar Bandara lalu membalas tembakan kelompok beraenjata. Aksi baku tembak itu terjadi selama beberapa menit.

“Gabungan TNI dan Polri lalu terus mendesak kelompok bersenjata hingga mundur, saat mundur itulah kelompok bersenjata menembak tiga warga sipil,” tambahnya.  

Mereka yang tewas adalah Henrik Satru, tertembak di bagian perut kiri tembus, Margaretha Pali (20), istri Henrik Satru alias Kolla, terkena sabetan parang di kepala, dan Zaenal Abidin (28), pedagang, terkena tembakan di rusuk kiri. Pada sore hari, para korban tewas berhasil di evakuasi menuju Timika dengan pesawat Twin Otter Trigana PK-YRU.

Sementara, korban luka atas nama Ahmad Abdillah Kamil (27), Capt Pilot. Ia  mengalami luka tembak di bagian punggung belakang sebelah kanan dan luka serpihan di kepala belakang.

Lalu, Arjun (6), anak Henrik Sattu Kolla, mengalami luka sabetan parang di pipi kanan, Bharada Bonardo Hutahayan (23), yang merupakan anggota Polri mengalami luka terkena serpihan peluru pelipis kiri.

Langkah-langkah kepolisian yang dilakukan, menerima laporan, mendatangi, mengamankan, dan olah tempat kejadian perkara, mengevakuasi korban ke Puskesmas Kenyam. Selain itu, melakukan kordinasi dengan TNI untuk melakukan pengejaran

Juru Bicara OPM, Sebby Sambon mengatakan, aksi itu dilakukan militer OPM di bawah pimpinan Eginus Tabuni dari Kodap III Nduga. Kelompok separatis bersenjata itu menegaskan ingin menguasai Kabupaten Nduga.


(Viva/CN40/SM Network)