• KANAL BERITA

Penumpang KA Selama Lebaran Naik Lima Persen

Sejumlah penumpang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Kutoarjo, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)
Sejumlah penumpang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Kutoarjo, belum lama ini. (suaramerdeka.com/Langgeng Widodo)

SOLO, suaramerdeka.com - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro mengatakan, ada kenaikan sekitar lima persen penumpang kereta api tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Di 2018 PT KAI mengangkut 5,3 juta penumpang untuk jarak jauh hingga H+8 Lebaran atau Minggu (24/6), sementara tahun lalu 5 juta-an penumpang.

Pihaknya memprediksi, pertumbuhan penumpang KA masih akan terus meningkat. Apalagi jumlah penumpang arus balik yang menggunakan moda kereta api dari arah Solo mau pun Yogyakarta menuju Jakarta masuh penuh hingga Selasa (26/6). Di wilayah Daop VI Yogyakarta, kata Edi, pertumbuhan penumpang setiap harinya mencapai angka 10.000 orang.

Melihat tingginya animo pengguna moda kereta api, dia berharap, stasiun bisa menjadi selter atau yang aman dan nyaman bagi masyarakat yang naik KA. Karena itu, dirinya meminta kepada seluruh pengelola stasiun untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

"Utamanya di Stasiun Solo Balapan ini, kita lihat harus menata kembali soal parkir. Saya lihat tempat parkirnya kurang rapi. Padahal kita tidak mengira penumpang akan segini banyak," kata dia, ketika meninjau persiapan arus balik di Stasiun Solo Balapan, Solo, Minggu (24/6).

Sebelum ke Solo, Edi juga meninjau persiapan arus balik Lebaran di beberapa stasiun, seperti di Surabaya, Madiun, dan Yogyakarta. Menurut dia, persiapan angkutan balik di sejumlah stasiun kereta api sudah baik, termasuk para kepala Daop. Menurut Edi, arus balik ke barat dengan kereta api bakal aman di perjalanan.

"Nanti di setiap boarding pass pasti akan diperiksa. Selain itu para penumpang yang sedang hamil dengan usia yang rentan hendaknya ditangguhkan keberangkatannya atau diberi arahan," katanya.

 


(Langgeng Widodo/CN40/SM Network)