• KANAL BERITA

Kepala Disbupar Kudus Ramaikan Bursa Caleg PDIP

TES PSIKOTES : Kepala Disbudpar Kudus Yuli Kasiyanto (duduk dua kiri) mengerjakan soal psikotes di kantor DPC PDIP Kudus, Jumat (22/6) sore. (Foto suaramerdeka.com/Saiful Annas)
TES PSIKOTES : Kepala Disbudpar Kudus Yuli Kasiyanto (duduk dua kiri) mengerjakan soal psikotes di kantor DPC PDIP Kudus, Jumat (22/6) sore. (Foto suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS, suaramerdeka.com – Penjaringan calon anggota legislatif (caleg) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tak hanya diramaikan kader yang saat ini duduk di kursi legislatif. Penjaringan caleg PDIP juga diminati apartur sipil negara (ASN) aktif.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwitasa Yuli Kasiyanto mengikuti psikotes penjaringan caleg di kantor DPC PDIP Kudus, Jumat (22/6) sore. Yuli terlihat serius mengerjakan soal-soal psikotes yang dikerjakan via online bersama para bakal caleg lainnya.

Selain Yuli, Ketua KONI Kudus Ridwan juga ikut seleksi psikotes. Sekretaris DPC PDIP Kudus Achmad Yusuf Roni mengatakan, sudah ada sebanyak 30 orang bakal caleg yang mendaftar.

“Tes psikotes kami gelar dua gelombang. Gelombang pertama kami gelar Jumat sore, gelombang kedua Jumat malam,” katanya.

Mantan Kepala Dinas PKPLH Sumiyatun yang sebelumnya santer meramaikan bursa calon bupati Kudus juga mengambil berkas pendaftaran bakal caleg PDIP. “Untuk DPRD Kudus, kami menanrgetkan 15 kursi. Jumlah ini naik dibanding kursi PDIP di DPRD Kudus saat ini sebanyak sembilan kursi,” katanya.

Terkait ikutnya Yuli Kasiyanto mendaftar sebagai bakal caleg PDIP, Yusuf mengatakan sah-sah saja. Apalagi Yuli bakal pensiun Juli mendatang. “Sesuai tahapan, pengumuman daftar caleg tetap baru dilaksanakan September. Tidak masalah dengan pencalonannya,” katanya.

Yusuf menambahkan, pelaksanaan tes psikotes menjadi tahapan wajib yang telah ditentukan oleh DPP. Tes ini penting untuk mengetahui sejauh mana keseriusan dan karakter setiap caleg. Hasil psikotes ini, lanjut Yusuf, bisa saja menjadi salah satu faktor penentu penyusunan daftar urut caleg.

“PDIP akan membuka pendaftaran caleg lagi, karena jumlahnya saat ini baru sebanyak 30 orang. Jadwal pendaftaran masih menunggu arahan dari DPP,” katanya. 


(Saiful Annas/CN19/SM Network)