• KANAL BERITA

GL Zoo Makin Cantik Dengan Hadirnya Zona Cakar

Foto: Pengunjung GL Zoo saat melintasi zona cakar. (suaramerdeka.com/Sugiarto)
Foto: Pengunjung GL Zoo saat melintasi zona cakar. (suaramerdeka.com/Sugiarto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Obyek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta, semakin hari semakin cantik. Karena kebun binatang terbesar di Jateng dan DIY ini, sejak 2010 lalu sudah terus melakukan pembangunan area satwa. Sehingga wajar bila obyek wisata tersebut, kini semakin indah dan nyaman untuk berwisata.

Menurut Eros Yan Renanda, Kepala Humas GL Zoo, setelah berhasil membangun taman reptil dan amfibi (Reptil and Amphibian Park) dan taman burung (Bird Park), GL Zoo menghadirkan zona cakar (Scratch Zone) yang berisikan berbagai hewan karnivora.

''Pembangunan zona ini, masih berlangsung,'' kata Eros, kemarin.

Zona cakar, lanjut dia, dibangun diatas lahan seluas sekitar 1,5 hektar. Dalam merancang zona cakar, GL Zoo mengajak konsultan desain kandang dari luar negeri. Desain kandang tersebut, dibuat seperti habitat asli di alam liar untuk memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung dalam mengamati tingkah laku satwa. 

Yang menarik diarea ini, dihiasi dengan air terjun serta sungai kecil yang mengalir untuk menambah suasana hutan asia tenggara yang menjadi salah satu konsep penataan kandang di zona cakar. Dengan jarak satwa yang hanya terpisah dengan kaca tentunya akan memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung. 

''Suasana demikian ini, menjadi sensasi sendiri. Karena seolah-olah pengunjung menjadi satu dengan hewan karnivora di alamnya,'' jelas Eros.

''Meski belum jadi seratus persen, namun selama libur Lebaran zona ini menarik perhatian pengunjung,'' tambah dia.


(Sugiarto/CN42/SM Network)