• KANAL BERITA

Selama Lebaran Volume Sampah GL Zoo Meningkat 10 Kali Lipat

Foto: Petugas keberihan GL Zoo sedang mengangkut sampah ke Depo GL Zoo. (suaramerdeka.com/Sugiarto)
Foto: Petugas keberihan GL Zoo sedang mengangkut sampah ke Depo GL Zoo. (suaramerdeka.com/Sugiarto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Selama libur Lebaran petugas kebersihan obyek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta, terpaksa kerja ekstra keras. Pasalnya selama libur Lebaran, volume sampah di GL Zoo, meningkat mencapai 1,6 ton hingga 4 ton perhari. 

Sampah-sampah di kebun binatang ini, dari pantauan Suara Merdeka terdiri dari sampah organik dan sampah anorganik (non-organik). Semua sampah tersebut dipisahkan, setelah terkumpul semua baru dibawa ke penampungan sampah. 

''Saat-saat libur Lebaran seperti ini sampah-sampah di GL Zoo lebih banyak yang anorganik, seperti botol bekas minuman dan bungkus makanan kemasan dari pengunjung,'' ujar Kepala Unit Lingkungan GL Zoo, Eko Suryadi, Kamis (21/6).

Sementara menurut Kepala Bidang Kebersihan kebun binatang setempat, Titin Rahmaniarti, seiring dengan meningkatnya volume sampah tenaga kebersihan yang dikerahkan membersihkan kawasan GL Zoo jumlahnya lebih banyak dibanding hari-hari biasa.

Pada hari-hari biasa, menutut Titin, jumlahnya tidak lebih dari 40 tenaga kebersihan, tapi pada libur Lebaran kali ini jumlahnya mencapai 57 orang tenaga kebersihan. ''Kami terpaksa tambah tenaga, mengingat volume sampah meningkat banyak,'' katanya.

Para pekerja kebersihan GL Zoo ini dalam tugasnya dibagi di tiga blok, yaitu blok A atau  atas sekitar pintu masuk utama, blok B di wilayah utara, dan blok C di sekitar kandang gajah dan sekitarnya.

Di kawasan kebun binatang yang selalu tampak bersih ini, disetiap tempat disediakan bak sampah, baik itu dari gerabah, tong sampah sulo maupun dustbin. ''Sampah-sampah itu sebelum dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) Piyungan, lebih dulu ditransitkan ke Depo GL Zoo,'' jelas Eko.


(Sugiarto/CN42/SM Network)