• KANAL BERITA

Program Setara Siapkan Lapangan Kerja Bagi Perempuan Jateng 

Ilustrasi Istimewa
Ilustrasi Istimewa

BANJARNEGARA, suaramerdeka.com - Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Ida Fauziyah menaruh perhatian serius terhadap perempuan di Jawa Tengah yang rentan dalam siklus kemiskinan. 

Menurutnya, banyak perempuan di Jateng yang kemudian memilih bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Padahal, pendidikan perempuan Jateng rata-rata di bawah sekolah menengah pertama (SMP).

Untuk itu, Ida bersama pasangannya, Sudirman Said, telah menyiapkan program Setara. Yakni program Sejuta Wirausahawan Perempuan dalam waktu lima tahun.

Dengan membuka lapangan kerja di Jateng, Ida berpendapat, akan banyak perempuan yang tidak lagi bekerja sebagai buruh sampai ke luar negeri.

“Problem di Jawa Tengah yang cukup serius ada di kemiskinan dan di antara yang miskin itu adalah perempuan. Oleh karena itu, saya dan Pak Dirman punya program Setara. Sejuta wirausahawan perempuan. Itu sesuatu yang dibutuhkan perempuan di Jawa Tengah, karena kemiskinan yang tinggi. Bayangkan kalau kita bisa sediakan lapangan kerja di Jawa Tengah ini, engga akan teman-teman kita perg ke luar negeri,” kata Ida dilansir dari Radio Idola. 

Mantan anggota DPR RI itu menjelaskan, dalam pelaksanaan program Setara itu, para perempuan Jateng akan difasilitasi dengan pelatihan kemampuan, keterampilan dan akses modal serta pengenalan teknologi.


(ER Maya/CN19/SM Network)