• KANAL BERITA

Lewat Tol Soker, Solo-Surabaya Hanya 3,5 Jam

Kendaraan keluar dan masuk tol Soker di pintu tol IC Sragen, di kawasan Pungkruk, Sidoharjo. (suaramerdeka.com/ Basuni H)
Kendaraan keluar dan masuk tol Soker di pintu tol IC Sragen, di kawasan Pungkruk, Sidoharjo. (suaramerdeka.com/ Basuni H)

SRAGEN, suaramerdeka.com - Meski masih fungsional, keberadaan ruas tol Solo-Kertosono (Soker) di wilayah Sragen membantu kelancaran atus mudik Lebaran tahun ini. Arus kendaraan lancar dan jarak tempuh pun semakin pendek. Jika sebelumnya Solo-Surabaya ditempuh 5-6 jam, kini hanya 3,5 jam perjalanan.

Susanto, warga Sukoharjo mengaku lewat di ruas tol Soker karena penasaran dengan jalan bebas hambatan penghubung Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut. Ternyata, setelah membuktikannya saat hendak ke Surabaya, perjalanan lewat tol Soker lebih lancar dan lebih cepat sampai.

‘’Solo-Surabaya hanya 3,5 jam saja, padahal kalau lewat jalan biasa bisa lima jam bahkan lebih kalau lalu-lintas padat,’’ kata dia.

Selain itu ruas tol Soker dari Solo hingga Ngawi masih gratis. Dari Ngawi ke Nganjuk bayar, Kertosono masih fungsional karena belum selesai semuanya. ‘’Lalu dari Wilangan Madiun sampai Surabaya bayar. Perjalanan secara umum lancar,’’ tandasnya.

Dia mengatakan, selama perjalanan arus lalu-lintas ramai lancar, meski arus kendaraan dari arah timur ke barat lebih banyak bila dibanding dari arah barat ke timur.

Berdasar data dari PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN), ruas tol Soker dari Solo-Ngawi dibuka untuk pelayanan mudik mulai 8 Juni-24 Juni. Selama difungsionalkan, tol dapat dilintasi gratis.


(Basuni Hariwoto/CN33/SM Network)