• KANAL BERITA

Ambulans dan Humanity Food Truck Tetap Beraksi Saat Libur Lebaran

Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Di saat sebagian besar masyarakat sibuk dengan mudik ke kampung halaman, Ambulans Pre-Hospital dan Humanity Food Truck Aksi Cepat Tanggap (ACT) tetap beraksi melayani pemudik sebelum dan selama lebaran. Aksi ini dimulai dengan hadirnya ambulans ACT sejak Selasa (12/6) sampai Kamis (14/6) di Pelabuhan Merak. Ambulans tersebut melanjutkan  layanan medis di hari ketiga pascalebaran, yakni Minggu (17/6) hingga Selasa (19/6) di lokasi-lokasi wisata di Jawa Barat.

Dengan memboyong dua dokter, dua perawat dan enam terapis, dua Ambulans Pre-Hospital ACT sudah mulai ditempatkan di dermaga Pelabuhan Merak Banten sejak Selasa (12/6) lalu. Tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan, Ambulans Pre-Hospital bersama GMA ACT juga berbagi takjil gratis bagi para pemudik yang terjebak antrian di Pelabuhan.

“Memilih Pelabuhan Merak karena kami melihat massa yang sangat banyak dengan tingkat kelelahan yang tinggi. Kami khawatir akan adanya risiko kasus emergency, seperti pingsan, kejang, kolik, serangan jantung, dan lain-lain," ujar dr. Rizal, Koordinator Global Medic Action (GMA) ACT.

Dengan peralatan medis yang memadai, Ambulans Pre-Hospital diharapkan mampu mengatasi permasalahan kesehatan pemudik terutama yang melakukan perjalanan jauh.

Tidak hanya melalui Ambulans Pre-Hospital, ACT juga menurunkan Humanity Food Truck pada saat Idulfitri dan sehari setelahnya. Hal ini sebagai bentuk ikhtiar ACT dalam berbagi kebaikan kepada para pemudik yang sedang merayakan hari yang fitri.

Ahmad Rifai selaku Koordinator Humanity Food Truck mengatakan bahwa dapur berjalan tersebut telah menyambangi warga pra-sejahtera di Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan di 14 kota lainnya di Indonesia seperti Bandung, Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Palembang, Lampung, Makassar, dan Mataram.


(Fadhil Nugroho Adi/CN42/SM Network)