• KANAL BERITA

AP I Catat Ada 16.067 Penumpang Sehari

Seorang penumpang mendorong troli di depan pintu keberangkatan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani. (suaramerdeka.com/M Alfi Makhsun)
Seorang penumpang mendorong troli di depan pintu keberangkatan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani. (suaramerdeka.com/M Alfi Makhsun)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tiga hari pasca Hari Raya Idulfitri, PT Angkasa Pura I (AP I) mencatat di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang terjadi lonjakan penumpang yang signifikan hingga 16.067 orang dalam sehari pada Senin (18/6). 

Communication and Legal Section Head AP I Bandara A Yani Semarang, Dian Permata Sari mengatakan, pihaknya mencatat di 15 Juni yang lalu atau bertepatan dengan Idul Fitri tercatat hanya 13.013 penumpang yang menggunakan layanan bandara setempat dalam sehari. Saat itu terjadi penurunan drastis jumlah penumpang dari dua hari sebelumnya atau H-2 lebaran yang mencapai angka 17.412 penumpang dalam sehari. Ada pun pada H-1 lebaran dikatakan penumpang yang menggunakan jasa di terminal yang baru saja diresmikan Presiden RI, Joko Widodo itu sebanyak 15.112 penumpang.

''Volume peningkatan jumlah penumpang di arus balik mulai terlihat di dua hari paska lebaran. Dari semula di angka 13 ribuan pada Hari Raya Idul Fitri dan sehari setelahnya, meningkat menjadi 15.810 pada dua hari setelah lebaran, Minggu (17/6) dan terus meningkat pada Senin kemarin sebanyak 16.067 penumpang,'' kata Dian.

Dia juga menyebut angka 16.067 penumpang di hari ketiga paska lebaran itu juga meningkat 21 persen di banding tahun lalu pada momen yang sama. Di hari ketiga setelah lebaran tahun lalu hanya ada 13.248 penumpang yang menggunakan jasa layanan Bandara Internasional A Yani.

''Jika secara keseluruhan selama kami membuka posko mudik tahun ini dibanding tahun lalu ada pertumbuhan 30 persen penumpang. Di tahun ini sudah ada 185.801 penumpang sejak dibuka posko layanan mudik H-8 lebaran lalu. Sementara tahun lalu dalam momen yang sama hanya ada 150.636 penumpang,'' lanjut Dian.

Dikatakan pada arus balik ini Bandara Internasional A Yani juga dibuka selama 24 jam. Sehingga potensi peningkatan penumpang lebih tinggi lagi.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager AP I Bandara Internasional A Yani, Indah Preastusty puncak arus balik diprediksi terjadi pada 22-23 Juni mendatang. ''Bandara saat ini juga dibuka selama 24 jam hingga 26 Juni mendatang. Sehingga pelayanan terus kami optimalkan,'' tandasnya. 


(M Alfi Makhsun/CN40/SM Network)