• KANAL BERITA

Sampai Hari Keempat Lebaran Sejumlah Obyek Wisata Aman

Foto: Petugas Basarnas DIY siap berjaga-jaga di Posko Menara Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul. (suaramerdeka.com/Sugiarto)
Foto: Petugas Basarnas DIY siap berjaga-jaga di Posko Menara Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul. (suaramerdeka.com/Sugiarto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Sampai hari keempat Lebaran, sejumlah obyek wisata pantai sampai obyek wisata pegunungan di Yogyakarta, masih tetap dibanjiri pengunjung. Bahkan Taman Pintar, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, obyek wisata Gembira Loka Zoo (GL Zoo) dan Malioboro, masih menjadi primadona wisatawan.

Obyek wisata pantai yang menjadi incaran wisatawan, diantaranya pantai di kawasan Gunungkidul maupun pantai yang ada di Kabupaten Bantul. Sedangkan obyek wisata pegunungan yang dibanjiri wisatawan adalah Kaliurang dan kawasan Kinahrejo (lava tour), Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

Meski sejumlah obyek wisata diserbu pengunjung, namun berdasarkan catatan dan pengamatan Tim Search And Rescue (SAR) dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) DIY, yang bertugas di tempat-tempat rekreasi di sepanjang pantai selatan dan obyek wisata lainnya semua berjalan lancar dan aman.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan DIY, Supriono SH, kemarin mengatakan, hingga siang ini lebaran 2018 di sejumlah tempat rekreasi di wilayah Kabupaten Bantul, Kulonprogo , dan Gunungkidul dipadati pengunjung. ''Sampai siang ini berjalan lancar,'' ujar Supriono menjelaskan.

Menurutnya, bagi masyarakat seperti sudah tradisi saat libur panjang khususnya setelah hari raya Idul Fitri tempat-tempat rekreasi selalu dipadati pengunjung. Kebetulan Kabupaten Gunungkidul yang memiliki banyak wisata pantai paling banyak dibanjiri pengunjung. ''Wisata pantai di Gunungkidul, layaknya Bali,'' katanya. 

Demi keamanan dan kenyamanan wisatawan, maka Supriono sengaja konsentrasi pengamanan diutamakan di wilayah pantai. Hal ini dilakukan untuk memberi rasa nyaman bagi masyarakat yang sedang menikmati masa liburan di Yogyakarta.

Untuk mengamankan itu, pihaknya menurunkan puluhan Rescuer Kantor Basarnas DIY yang disebar di sejumlah pantai yang selama ini menjadi tujuan rekreasi masyarakat. Di Bantul pihaknya menurunkan sejumlah personil di Pantai Parangtritis dan Parangkusumo.

Sementara di Kulonprogo, pihaknya mensiagakan 1 Unit RIB (RIGID INFLATABLE BOAT) ukuran 9 Meter beserta beberapa Personil Rescuer Di Pos Unit Siaga Basarnas di Jogoboyo yang selalu Mobile di Pantai Glagah, Pantai Congot dan Pantai yang berada di Wilayah Kulonprogo.

Sedangkan di Gunungkidul, pihaknya menurunkan belasan anggota yang bertugas di Unit Siaga yang sudah siap dengan sejumlah peralatan yang selalu mobile ke pantai yg menjadi tujuan favorit di daerah tersebut.

Menurut Supriono, sejauh ini belum ada kejadian menonjol. Kebetulan cuaca di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya terpantau cukup bersahabat. Meski demikian, ia berharap masyarakat tetap waspada dan hati-hati dalam mengisi waktu liburan.

''Waspada itu perlu dalam kondisi apa pun. Kami juga imbau masyarakat segera memberi informasi kepada personil kami di lapangan jika ada kejadian, selama lebaran ini kami setiap hari menurunkan 50 personil,'' katanya. 

Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan DIY siap membantu bila ada kesulitan maupun kecelakaan yang terjadi. ''Kalau ada sesuatu, silahkan hubungi kami dan kamis siap menolongnya,'' katanya lagi. 


(Sugiarto/CN42/SM Network)