• KANAL BERITA

Ada Tiga Temuan Menarik Seputar Survei Pilkada Jateng

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Lembaga Survei Indonesia Survey Center (ISC) menemukan tiga temuan menarik dalam survei terkait Pilkada Jateng, baru-baru ini. Pertama,  ada  trend kenaikan elektabilitas Sudirman-Ida yang terus berlanjut. Bukan mustahil,  petahana bisa tumbang oleh pendatang baru di Pilgub Jawa Tengah tahun 2013 bisa berulang. Apalagi, calon petahana sempat diterpa isu korupsi e-KTP.

Kedua, 72.6% masyarakat Jateng ternyata mengetahui adanya kasus korupsi e-KTP,  sedangkan 15,3% tidak tahu, dan 12,1% sisanya tidak menjawab. Namun begitu, 45,5% responden meyakini bahwa petahana tidak terlibat kasus e-KTP,  49,6% percaya teribat, dan 4,9% tidak menjawab.

Dugaan petahana (Ganjar Pranowo) menerima fee proyek e- KTP diketahui publik melalui ucapan Setya Novanto dan M. Nazarudin di media massa dan elektronik.

"Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah dianggap figur pasangan kepala daerah yang bisa membenahi korupsi dan menciptakan pemerintah daerah yang bersih," kata Direktur Lembaga Survei ISC Muhammad Ganiefi di Jakarta, Jumat lalu.

Apalagi, menurut dia, Sudirman Said-Ida Fauziah dipersepsikan publik Jateng sebagai sosok yang bersih dan punya integritas.

Survei ISC ini dilaksanakan pada 2 -9 Juni 2018  di Provinsi Jawa Tengah dengan total 812 responden yang memiliki hak pilih, menggunakan metode multistage random sampling, dengan toleransi kesalahan (margin of error) 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dilakukan melalui tatap muka langsung dengan bantuan kuisioner.


(Hartono Harimurti/CN41/SM Network)