• KANAL BERITA

Dinsos Pati Canangkan 32 Desa Jadi Kampung KB

TUGU KB : Desa Pohijo, Kecamatan Margoyoso mendirikan tugu KB sebagai ikon kampung KB. (SM/Beni Dewa)
TUGU KB : Desa Pohijo, Kecamatan Margoyoso mendirikan tugu KB sebagai ikon kampung KB. (SM/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka.com - Tahun ini, sedikitnya 32 desa dicanangkan menjadi kampung KB. Data dari Dinas Sosial Kabupaten Pati menyebut untuk jumlah desa tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2017, hanya 22 desa. Bahkan dari 32 desa itu, lima di antaranya sudah dibentuk kampung KB.

Kepala Dinsos Subawi melalui Kabid Dalduk dan KB Yugo Joko Lelono mengatakan lima desa itu seperti Desa Pondohan di Kecamatan Tayu, Desa Kedung Pancing di Kecamatan Juwana, Desa Bermi di Kecamatan Gembong, dan Desa Tanjungsari serta Klumpit di Kecamatan Tlogowungu.

‘’Pascalebaran nanti kami maksimalkan pembentukannya. Bahkan kami upayakan Agustus sudah ada 32 kampung KB yang terbentuk,’’terangnya. Dalam penentuan kampung KB, Yoga mengaku memprioritaskan daerah yang masih tertinggal dengan pertumbuhan penduduk yang besar.

Dengan begitu diharapkan kampung KB dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan desa. ‘’Karena targetnya kampung KB yang telah dibentuk nantinya bisa mandiri dan membangun keluarga menjadi lebih baik,’’ katanya.

Untuk pembentukan kampung KB tahun ini dianggarkan sebesar Rp 9 juta untuk setiap desa. Sedangkan anggaran operasional Rp 90 juta setiap tahunnya. ‘’Progam ini dari pusat dengan berasal APBN. Anggarannya menyesuaikan jumlah kampung KB yang dicanangkan.’’


(Beni Dewa/CN34/SM Network)