• KANAL BERITA

Layanan Capil dan Uji Kir Tutup di Lebaran

LAYANAN AKHIR: Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melayani warga di hari terakhir sebelum lebaran. (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)
LAYANAN AKHIR: Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melayani warga di hari terakhir sebelum lebaran. (suaramerdeka.com/Achmad Hussain)

KLATEN, suaramerdeka.com - Layanan pengadaan dokumen kependudukan serta uji kir kendaraan di Pemkab Klaten tutup selama hari lebaran.

Pelayanan akan dilakukan lagi usai lebaran.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Klaten, Widya Sutrisna menjelaskan Dinas memutuskan libur pelayanan dokumen kependudukan hanya tiga hari. 

''Yaitu saat lebaran tanggal 15 dan 16 Juni saja, ditambah hari Minggu tanggal 17,'' jelasnya, Rabu (13/6).

Pelayanan menurutnya akan dibuka lagi mulai tanggal 18 Juni 2018 atau H+1 lebaran. Selama tiga hari yaitu sejak tanggal 18 sampai 20 Juni pelayanan yang dibuka masih akan dilakukan petugas piket dan belum
semua pegawai masuk. Jam pelayanannya sama seperti biasa yaitu mulai
jam 08.00 sampai 14.00.

Dinasnya dalam menyikapi cuti berbeda dengan aparatur sipil negara (ASN) di dinas lain. Sebab meskipun jatah cuti bersama mulai tanggal 11 sampai 14 Juni tetapi Dinas tetap melayani masyarakat. Baik untuk keperluan pindah datang, dokumen KK, KTP dan lain sebagainya.

Meskipun ASN lain libur, selaku kepala dinas dirinya tidak akan libur. Meski hari lebaran kemungkinan akan tetap masuk kantor mengingat harus menandatangani berkas yang masih ada.

Untuk itu, dalam hal penggunaan mobil dinas, dirinya akan tetap menggunakan selama lebaran.

Antrean Surut

Kendaraan dinas, kata Widya, tetap digunakannya bukan untuk keperluan
mudik tetapi untuk pulang dan pergi ke kantor menyelesaikan pekerjaan.

Menjelang mendekati hari H lebaran, antrean warga juga berkurang. Di hari pertama piket yaitu tanggal 11, pemohon cetak KTP masih 203 orang, legalisir akta 210 orang, legalisir KK sebanyak 188 orang tetapi di hari terakhir piket turun drastis.

Pemohon KTP hanya 142 orang, legalisir akta  tidak ada dan KTP hanya 20 orang. Selain Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Perhubungan Pemkab Klaten juga
meliburkan kegiatan uji kir kendaraan.

Kegiatan uji kir  menurut Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Joko Suwanto diliburkan sejak tanggal 14 Juni 2018 dan akan dilayani kembali tanggal 18 Juni 2018.

''H-2 tutup dan H+2 akan dibuka lagi,'' katanya.


(Achmad Hussain/CN39/SM Network)