• KANAL BERITA

Kendaraan Keluar-Masuk Solo Menurun

Kendaraan pemudik melintasi jalur mudik di Jalan Ahmad Yani, Selasa (13/6). (suaramerdeka.com/Yoma Times Suryadi)
Kendaraan pemudik melintasi jalur mudik di Jalan Ahmad Yani, Selasa (13/6). (suaramerdeka.com/Yoma Times Suryadi)

SOLO, suaramerdeka.com – Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Lebaran tahun ini, kendaraan yang keluar-masuk Kota Solo menurun. Bahkan pemudik yang melewati kota merupakan pemudik yang benar-benar punya keperluan penting.

Penurunan ini sebagai dampak beroperasinya jalan tol Solo-Kertosono (Soker), sehingga mengurangi kepadatan kendaraan pemudik di Kota Solo, dalam beberapa hari terakhir. "Kebanyakan pemudik cenderung memilih melewati jalan tol, sehingga mereka tidak masuk ke Kota Solo. Kalau pun ada yang melintas di Solo, kemungkinan hanya pemudik yang memang ada keperluan di sini," ungkap Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub), Ari Wibowo, Rabu (13/6).

Pantauan petugas Dishub mau pun data jumlah kendaraan yang keluar masuk Solo pun menunjukkan tren penurunan sejak Selasa (12/6). "Jumat-Sabtu (8-9/6) dan Senin (11/6) adalah saat-saat di mana jalan di dalam kota dipadati kendaraan pemudik. Setelah itu relatif sepi dibanding ruas jalan menuju jalan tol," ujarnya.

Prediksi puncak arus mudik di Solo yakni H-2 Lebaran pun meleset. "Kami perkirakan puncak arus mudik sudah terlewati. Apalagi berdasarkan pengalaman selama 10 tahun terakhir, H-1 (hari ini) dan hari H Lebaran biasanya tidak banyak pemudik yang melintas," terang Ari.

Arus kendaraan di ruas jalan utama Kota Solo, lanjut dia, juga tidak sepadat akhir pekan lalu. "Hanya terkonsentrasi di sekitar pusat perbelanjaan. Penghentian operasional truk oleh pemerintah pusat juga berkontribusi terhadap pengurangan titik kepadatan lalu lintas," papar Ari.

"Waktu keberangkatan pemudik menjadi lebih panjang, sehingga tidak terjadi penumpukkan arus mudik pada hari yang sama. Mungkin kondisinya berbeda saat arus balik usai Lebaran, di mana sisa waktu cuti bersama relatif lebih pendek dibanding sebelum Lebaran," kata dia.


(Agustinus Ariawan/CN40/SM Network)