• KANAL BERITA

Ruas Tonjong Mengular Empat Kilometer

Iring-iringan kendaraan pemudik mengular di ruas Tonjong arah Purwokerto pada H-2 Lebaran kemarin. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)
Iring-iringan kendaraan pemudik mengular di ruas Tonjong arah Purwokerto pada H-2 Lebaran kemarin. (suaramerdeka.com/Teguh Inpras)

BREBES, suaramerdeka.com - Dua hari menjelang Lebaran, ribuan kendaraan pemudik memadati jalur tengah ruas Tonjong arah Purwokerto. Kepadatan kendaraan yang hendak menuju ke sejumlah daerah di selatan Jateng ini mulai terjadi sejak pagi hari.

Pada Rabu (13/6) antrean kendaraan tidak bisa dihindari di sejumlah titik rawan kemacetan. Menjelang Pasar Linggapura, kendaraan mengular sepanjang 4 kilometer atau hingga lokasi proyek underpass perlintasan sebidang kereta api di Karangsawah.

Kepadatan arus juga terpantau di lokasi proyek underpass perlintasan kereta api Karangsawah. Saat ada kereta lewat, antrean langsung mengular. Para pemudik hanya bisa melaju 5 kilometer per jam.

Yusuf (45) warga Tangerang yang hendak mudik ke Banyumas mengatakan, ketersendatan arus sudah dirasakan selepas flyover Klonengan. "Ternyata ada buka tutup perlintasan kereta di Karangsawah. Setelahnya merayap lagi bahkan macet hingga Pasar Linggapura," kata dia.

Untuk mengurai penumpukan kendaraan pemudik tersebut, beberapa kali dilakukan penarikan arus oleh petugas Satlantas Polres Brebes. Dalam rekayasa lalu lintas tersebut, kendaraan dari arah selatan (Purwokerto) ditutup di Balekambang Atas. Selama buka tutup itu, dua lajur dipergunakan untuk arus mudik.

Kepala Pos Pantau Dinas Perhubungan Kabupaten Brebes di Karangsawah, Edi Siswanto mengatakan, kepadatan kendaraan terjadi mulai terjadi sejak pagi. Ada pun siang menjelang sore, kepadatan berkurang, dan diperkirakan kembali meningkat pada sore hingga malam nanti.


(Teguh Inpras Tribowo/CN40/SM Network)