• KANAL BERITA

Logistik Pilgub Jateng Siap Didistribusikan

Ketua KPU Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan. (suaramerdeka.com/Ranin Agung)
Ketua KPU Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan. (suaramerdeka.com/Ranin Agung)

UNGARAN, suaramerdeka.com - Pengepakan seluruh logistik untuk Pilgub Jawa Tengah 2018 sudah diselesaikan 10 Juni 2018 kemarin. Selanjutnya, logistik dalam kotak suara yang sudah disegel tersebut ditempatkan dengan penjagaan ketat aparat di Gedung Korpri Ungaran.

“Alhamdulillah tidak ada kekurangan logistik, kekurangan surat suara kemarin sudah tercukupi dan seluruhnya siap didistribusikan ke 1.769 TPS,” kata Ketua KPU Kabupaten Semarang, Guntur Suhawan, Rabu (13/6) sore.

Pasca lebaran, tepatnya 23 dan 24 Juni 2017, logistik tadi akan mulai digeser berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, desa/kelurahan, hingga tingkatan TPS. Kaitannya dengan bimbingan teknis (bintek) untuk anggota KPPS, menurut Guntur sudah dilakukan sekali. Pihaknya berencana hendak menggelar bintek kali kedua setelah Idul Fitri 2018.

“Anggota KPPS bakal dibintek ulang agar semakin siap dan fresh dalam melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara Pilgub,” ujarnya.

Guntur menjelaskan, pasca keluarnya Surat Edaran (SE) KPU Nomor 574 Tahun 2018 tertanggal 8 Juni 2018, nantinya Pilgub diberi kemudahan dalam menggunakan hak pilihnya. Sebagaimana diketahui, sebelum ada SE KPU 574/2018 untuk mempergunakan hak pilihnya, seorang pemilih diwajibkan membawa C6 atau undangan serta menunjukkan e-KTP atau surat keterangan (suket) bukti rekam data kependudukan.

Meski pun ada libur Idul Fitri 2018, dengan adanya SE KPU 574/2018 Guntur berharap, partisipasi pemilih Pilgub Jateng di Kabupaten Semarang dapat optimal dan maksimal. Partisipasi pemilih perlu ditumbuhkan, agar pemimpin yang dipilih nanti mempunyai legitimasi.

“SE tadi dikeluarkan KPU Pusat, sebagai salah satu upaya peningkatan partisipasi pemilih. Artinya, ketika yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan KTP elektronik atau suket namun dia masuk dalam DPT dan membawa C6 nantinya tetap terlayani dalam pemungutan suara pada Pilgub Jateng 27 Juni 2018 besok,” jelas Guntur.


(Ranin Agung/CN40/SM Network)