• KANAL BERITA

Jalur Wisata Dieng Relatif Sepi

Petugas kepolisian mengatur lalu lintas di Pertigaan Dieng, Rabu (13/6) pagi. Meski pun relatif sepi, petugas tetap siaga 24 jam untuk membantu arus lalu lintas pemudik mau pun wisatawan. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)
Petugas kepolisian mengatur lalu lintas di Pertigaan Dieng, Rabu (13/6) pagi. Meski pun relatif sepi, petugas tetap siaga 24 jam untuk membantu arus lalu lintas pemudik mau pun wisatawan. (suaramerdeka.com/M Abdul Rohman)

WONOSOBO, suaramerdeka.com - Arus mudik Lebaran di jalur tengah Wonosobo, tahun ini relatif sepi. Hingga H-2 Lebaran, arus lalu lintas kendaraan yang melintasi belum nampak mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Kepadatan arus pemudik hanya terjadi di beberapa lokasi pasar tumpah. Seperti Pasar Kertek an Pasar Selomerto, itu pun tidak berlangsung lama. Karena petugas kepolisian yang berdinas langsung sigap mengatur arus lalu lintas.

Tak hanya di jalur tengah Wonosobo, pantauan di jalur wisata Dieng malah justru relatif sepi. Kendaraan yang melintas masih didominasi angkutan umum mau pun warga sekitar. Hanya ada beberapa kendaraan berpelat luar kota yang melintas. Pemandangan serupa juga terlihat di Pertigaan Dieng dan area parkir Telaga Warna. Hanya tampak beberapa kendaraan yang melintas dan nyaris belum tampak adanya peningkatan arus.

Sementara itu, hal sama juga nampak di area parkir Telaga Warna. Di kompleks parkir yang baru dilebarkan itu, hanya ada belasan kendaraan, tidak seperti tahun lalu yang sangat penuh. "Situasi seperti ini berlangsung sejak pagi. Masih relatif sepi. Belum banyak kendaraan pemudik mau pun pelancong yang melintas. Nyaris tidak ada antrian di sepanjang jalur wisata," ujar Kepala Seksi Humas Polsek Kejajar, Bripka Sunawi.

Pihaknya menduga, arus kendaraan yang menuju Dieng akan mengalami lonjakan setelah hari H Lebaran. Diperkirakan akan banyak pemudik yang menghabiskan waktu untuk berwisata ke kawasan wisata Dieng. "Untuk lokasi yang perlu diwaspadai macet para wisatawan yang ingin berlibur ke Dieng, ada beberapa titik seperti Pasar Kejajar, Gardu Pandang, Tanjakan 15 Persen, Pertigaan Dieng mau pun lokasi wisata," jelasnya.

Namun, kata dia, wisatawan diminta tidak khawatir, karena di sepanjang jalur tersebut sudag ada banyak rest area mandiri yang disiapkan baik petugas kepolisian mau pun warga sekitar. Upaya antisipasi telah kami lakukan, baik melakukan rekayasa lalu lintas mau pun mengerahkan personel ketiga kendaraan wisatawan mengalami mogok. "Kami siapkan mobil derek dan puluhan personel di wilayah Dieng selama momen Lebaran," kata Kasatlantas Polres Wonosobo, AKP SS Udiono.

Petugas tersebut, kata dia siap membantu para wisatawan yang ingin berkunjung ke Dieng selama 24 jam. Mereka akan siap siaga di pos-pos keamanan mau pun di markas kepolisian. Pihaknya mengimbau, masyarakat yang nantinya akan berlibur ke kawasan wisata Dieng, mengecek terlebih dahulu kondisi kendaraannya. "Perhatikan semua fungsi dalam kendaraan agar kegiatan liburan aman dan nyaman," ujar dia.


(M Abdul Rohman/CN40/SM Network)