• KANAL BERITA

Pemkab Sleman Sidak Toko Modern

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SLEMAN, suaramerdeka.com - Menjelang hari raya Idul Fitri 2018, Pemerintah Kabupaten Sleman melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah toko swalayan, Selasa (12/6). Kegiatan ini difokuskan untuk memonitor produk makanan kedaluwarsa.

Beberapa toko modern yang disasar antara lain Mirota Pasaraya Jalan Kaliurang km 6, Superindo Jalan Kaliurang km.6 dan Janu Putra Pasaraya Jalan Kebon Agung Sleman. Hasil dari sidak yang dipimpin oleh Wakil Bupati Sri Muslimatun itu ditemukan sejumlah produk makanan kaleng dalam kondisi wadah penyok. "Kemasan yang dijual seharusnya tidak boleh rusak dikhawatirkan ada jasad renik yang masuk. Itu merugikan konsumen," kata Muslimatun.

Pejabat yang menyandang gelar magister kesehatan itu menjelaskan, beberapa hal yang harus diperhatikan terhadap produk makanan yaitu tidak boleh berubah bau, warna, dan rasa. Jika kemasan suatu produk kondisinya rusak, akan beresiko kemasukan bakteri yang dapat mengakibat beberapa masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan dan lever.

Pada kegiatan sidak itu, tim juga menemukan produk makanan yang tidak ada nomor registrasi, serta tidak mencantumkan tanggal produksi maupun masa kedaluwarsa. Sesuai aturan, keterangan itu seharusnya ditulis pada kemasan. Dengan adanya temuan tersebut, Wakil Bupati langsung melakukan pembinaan kepada pemilik agar memperhatikan, dan segera mengembalikan produk yang rusak atau telah melampaui tanggal kedaluwarsa.

"Sebetulnya kegiatan inspeksi semacam ini bisa menguntungkan pemilik karena tujuannya untuk evaluasi. Jika semua barangnya baik, artinya toko swalayan itu bermutu," tambah Muslimatun.


(Amelia Hapsari/CN26/SM Network)