• KANAL BERITA

Terminal Cepu Antisipasi Lonjakan Penumpang

Sejumlah penumpang dari Jakarta tiba di Terminal Cepu, Blora, kemarin. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
Sejumlah penumpang dari Jakarta tiba di Terminal Cepu, Blora, kemarin. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

 CEPU, suaramerdeka.com - Jumlah penumpang yang datang di Terminal Cepu diperkirakan masih akan terus terjadi hingga dua hari mendatang. Berdasarkan data Terminal Cepu pada H-7 kedatangan penumpang di terminal terbesar di Blora itu 718 orang dengan 81 bus.

Sedangkan pada H-6, kedatangan penumpang di terminal yang kini dikelola Kementerian Perhubungan (Kemenhub) itu, naik menjadi 1.223 orang yang diangkut 107 bus. Kemudian pada H-5 naik lagi menjadi 1.638 orang dengan diangkut sebanyak 114 bus. 

Terbanyak kedatangan penumpang berasal dari Jakarta. Sisanya dari kota Bandung, Semarang dan Surabaya serta Malang. ‘’Kami telah siap mengantisipasi melonjaknya kedatangan pemudik. Terminal ini beroperasi selama 24 jam,’’ ujar Kepala Terminal Cepu, Agus Warih Sungkowo, kemarin.

Ada pun keberangkatan penumpang juga mengalami kenaikan. Meski tidak sebanyak jumlah penumpang datang. Pada H-7 jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Cepu 380 orang dengan 74 bus. Pada H-6 naik menjadi 531 orang dengan 103 bus dan H-5 menjadi 743 penumpang dengan 89 bus.

‘’Saat arus balik Lebaran nanti, jumlah penumpang yang berangkat akan lebih banyak dibanding kedatangan. Jadi merupakan kebalikan dari arus mudik,’’ tandas Kowo, sapaan akrab Agus Warih Sungkowo.

Untuk mengantisipasi arus balik kelak, pihak terrminal Cepu bersama perusahaan bus telah menyepakati penambahan armada. Perusahaan itupun siap mendatangkan bus pariwisata untuk mengagkut penumpang yang telah merayakan Lebaran di kampung halaman. 

 

 

 


(Abdul Muiz/CN40/SM Network)