• KANAL BERITA

Penumpang KMP Kalibodri Turun hingga 70 Persen

Pemudik Motor Terus Berdatangan

foto: istimewa
foto: istimewa

KENDAL, suaramerdeka.com - Jumlah pemudik yang pulang kampung melalui Pelabuhan Kendal mengalami penurunan hingga 70 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun ini KMP Kalibodri hanya melayani tiga kali perjalanan dan  mengangkut 650 penumpang saja. Padahal tahun sebelumnya, penumpang yang tiba di Pelabuhan Tanjung Kendal selama arus balik mencapai 2.000 orang.

Kapal itu tersebut mengangkut pemudik dari Pelabuhan Kumai Kalimantan Tengah Senin (11/6) malam. Selama tiga kali perjalanan mengangkut pemudik dari Kumai tujuan Kendal ini, KMP Kalibodri hanya membawa 650 penumpang.

‘’Perjalanan pertama hanya 34 penumpang. Perjalanan kedua 124 pemudik dan terakhir membawa 490 pemudik. Jumlah itu jauh menurun dibanding tahun sebelumnya yang total membawa 2.000 pemudik dari Pelabuhan Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah," kata Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andi Rahmat.

Dia menjelaskan, selanjutnya KMP Kalibodri melayani pemudik yang hendak balik ke Kumai pada tanggal 23 dan 27 Juni 2018 mendatang. Rencananya KMP Kalibodri akan melakukan perjalanan mengangkut pemudik yang hendak balik sebanyak dua kali perjalanan saja.

 ‘’Penurunan arus mudik, karena di Kumai banyak pilihan kapal,’’ tuturnya.

Pemudik Motor Turun

Sementara itu, pemudik yang menggunakan sepeda motor terus memasuki Kabupaten Kendal. Arus mudik sepeda motor sudah terjadi sejak Jumat 8 Juni 2018. Jumlah pemudik motor tahun ini diperkirakan mengalami penurunan. 

‘’Tahun ini pemudik motor tidak begitu banyak. Saya tidak tahu persis jumlahnya. Namun, sepertinya mengalami jumlah penurunan,’’ kata Kepala Pospam Exit Tol Weleri, AKP Abdullah Umar. 

 

 

 

 


 

 

 

 

 


(Rosyid Ridho/CN40/SM Network)