• KANAL BERITA

Penumpang di Terminal Wates Turun 50 Persen

Kondisi Terminal Wates, Kulonprogo masih sepi penumpang pada H-3 Lebaran, Selasa (12/6). (suaramerdeka.com/Panuju Triangga)
Kondisi Terminal Wates, Kulonprogo masih sepi penumpang pada H-3 Lebaran, Selasa (12/6). (suaramerdeka.com/Panuju Triangga)

KULONPROGO, suaramerdeka.com – Hingga H-3 Lebaran, Selasa (12/6), kondisi arus mudik di Terminal Wates, Kulonprogo belum terlihat signifikan. Bahkan dibanding tahun lalu, jumlah penumpang di Terminal Wates pada masa mudik Lebaran ini turun 50 persen.

 Koordinator Terminal Wates, Supardi mengungkapkan, hingga H-3 kondisi di Terminal Wates belum ada lonjakan arus mudik, bahkan masih terlihat biasa saja bila dibandingkan tahun lalu. Kondisi itu diduga karena masa libur yang panjang sehingga diperkirakan para pemudik memilih waktu mepet dengan hari H Lebaran.

“Hari H-3 ini, kalau tahun lalu sudah tampak bejubel, tapi tahun ini belum ada sama sekali kenaikan arus mudik. Mungkin nanti mepet tanggal waktunya (hari H) baru ada lonjakan penumpang,” ungkap Supardi, Selasa (12/6).

Menurutnya, penurunan penumpang dibanding tahun lalu mencapai sekitar 50 persen. Dalam sepekan ini penumpang yang datang mau pun berangkat di Terminal Wates baru sekitar 715 penumpang. Sedangkan tahun lalu, pada H-3 Leberan jumlah penumpang sudah mencapai ribuan.

“Kalau armadanya tidak ada penurunan, tetap, cuma jumlah penumpangnya menurun drastis,” tuturnya.

Selain masa libur yang panjang, Supardi menduga faktor lain yang menyebabkan penurunan penumpang arus mudik di Terminal Wates karena banyak yang ikut program mudik gratis. Selain itu juga dimungkinkan karana ikut paket mudik yang sekaligus dengan sepeda motor diangkut menggunakan truk.

“Seperti di Jombor kan kemarin ada sepeda motor diturunkan dari truk di sana banyak sekali, kemungkinan itu,” katanya.

Supardi memperkirakan puncak arus mudik di Terminal Wates akan terjadi pada H-2 atau H-1 Lebaran. Sedangkan puncak arus balik belum bisa diprediksi walau pun agen-agen bus yang ada di Terminal Wates seluruhnya sudah kehabisan tiket.

“Semua tiket sudah terjual semua, tapi kami belum bisa membaca berapa yang berangkat arus balik,” imbuhnya.

 Salah satu pemudik, Suwarni mengungkapkan, dia terpaksa mudik dari Kulonprogo ke Bandung bersama suaminya dengan sepeda motor karena sudah kehabisan tiket. Dia sudah berusaha mencari tiket ke agen-agen bus tetapi semua sudah habis.

“Terpaksa harus mudik naik sepeda motor, berdua dengan suami. Kalau anak-anak sudah duluan mudik ke Bandung,” ungkapnya. 

 

 

 

 

 

 


(Panuju Triangga/CN40/SM Network)