• KANAL BERITA

Musim Mudik, Penumpang Railbus Stagnan

Sejumlah penumpang turun dari railbus Batara Kresna di Stasiun Wonogiri, Selasa (12/6). (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)
Sejumlah penumpang turun dari railbus Batara Kresna di Stasiun Wonogiri, Selasa (12/6). (suaramerdeka.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Railbus Batara Kresna sebagai salah satu alternatif transportasi darat melalui jalur rel kereta api, belum dilirik pemudik saat gelombang pemudik Lebaran mulai memasuki wilayah Kabupaten Wonogiri, sejak beberapa hari lalu.

Pemudik sebagian besar menggunakan transportasi darat, seperti bus dan kendaraan pribadi. Namun saat ‘’booming’’  penumpang, peminat Railbus Batara Kresna stagnan tidak ada peningkatan dan tidak ada perubahan, meski musim mudik Lebaran.

Kepala Stasiun Wonogiri, Sino mengatakan, dalam beberapa hari ini jumlah penumpang railbus Batara Kresna tidak mengalami perubahan. "Tidak ada perubahan. Jumlah penumpang di Stasiun Wonogiri masih seperti biasa, sekitar 20-25 orang per hari," katanya, Selasa (12/6).

Menurutnya, para pemudik tidak menggunakan railbus, karena moda transportasi kereta api tersebut hanya melayani jarak dekat atau lokal. Railbus melayani jurusan Stasiun Purwosari Solo-Stasiun Wonogiri selama tiga tahun itu, lebih banyak diisi oleh penumpang lokal.

Railbus yang mempunyai 87 unit tempat duduk itu tampak lengang ketika berada di Stasiun Wonogiri. Railbus terkadang diisi oleh anak-anak TK yang hendak menjajal sarana transportasi umum. Ada pula rombongan keluarga yang menggunakannya untuk berekreasi.

"Penumpang dari anak-anak TK dan anak sekolah sekarang tidak ada, karena sudah libur," ujarnya.

Harga tiket railbus Batara Kresna belum berubah, yakni Rp 4.000 per orang. Railbus berangkat dari Stasiun Wonogiri pukul 08.00 dan 12.00 WIB.

Beberapa bulan lalu, jadwal keberangkatan railbus sempat berubah, berangkat dari Stasiun Wonogiri pukul 06.00 dan 10.00. Namun, sejak 1 April lalu jadwalnya dikembalikan seperti semula, berangkat dari Stasiun Wonogiri pukul 08.00 dan 12.00 WIB.

Sampai sekarang belum ada lagi rencana untuk menambah frekuensi operasi railbus Batara Kresna Solo-Wonogiri tersebut. Meski demikian, railbus tetap beroperasi meskipun di Hari Raya Idul Fitri. "Hari Lebaran nanti tetap beroperasi," ujarnya.

 

 

 

 

 

 

 


(Khalid Yogi/CN40/SM Network)

Loading...
Komentar