• KANAL BERITA

Puskesmas Tetap Berikan Pelayanan Lengkap

Foto: RRI
Foto: RRI

SLEMAN, suaramerdeka.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman telah menyiapkan petugas puskesmas dan rumah sakit untuk bersiaga menghadapi libur panjang lebaran tahun ini. 

Khusus untuk puskesmas induk, tetap memberikan lengkap sejak H-7 sampai H+7. Selama tanggal 11-19 Juni, puskesmas juga buka 24 jam dengan sistem piket pada waktu siang dan malam, sedangkan pagi full.

"Unit gawat darurat di puskesmas dan rumah sakit tetap buka. Tapi untuk poliklinik, di RSUD Prambanan sementara tutup mulai H-2 sampai H+2, dan RSUD Sleman pada H-1 hingga H+3," kata Kepala Dinkes Sleman Nurulhayah, kemarin.

Pihaknya pun telah mendata ibu hamil yang perkiraan kelahiran bayinya mulai H-7 hingga H+7. Mereka telah diberi pendampingan agar nantinya proses persalinan bisa berjalan lancar. "Kami sudah bekerjasama menyiapkan rujukan dengan puskesmas, dan rumah sakit yang stand by 24 jam," terangnya.

Mengantisipasi kejadian luar biasa seperti wabah penyakit dan keracunan, Dinkes telah menyiagakan petugas district surveillance officer (DSO), dan petugas piket. Disamping itu, layanan call center 24 jam Sleman Emergency Services (SES) juga tetap beroperasi untuk menangani kegawatdaruratan, tanpa mengenal cuti bersama


(Amelia Hapsari/CN41/SM Network)