• KANAL BERITA

ITS, Aplikasi Antimacet Lalin Solo

Kabid Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta, Ari Wibowo menunjukkan aplikasi Info Lalin Solo di Kantor Dishub Surakarta, Minggu (10/6). (suaramerdeka.com/M Ilham Baktora)
Kabid Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta, Ari Wibowo menunjukkan aplikasi Info Lalin Solo di Kantor Dishub Surakarta, Minggu (10/6). (suaramerdeka.com/M Ilham Baktora)

SOLO, suaramerdeka.com – Para pemudik yang melintasi Kota Solo diimbau memanfaatkan aplikasi Info Lalin Solo. Aplikasi ‘’antimacet’’ yang diluncurkan pada 2015 itu menjadi alternatif masyarakat menghindari kemacetan di Kota Solo.

Saat Lebaran, para pemudik hendaknya menghindari titik-titik kemacetan di Kota Bengawan agar perjalanan lebih nyaman. Pemudik selama di dalam kota dapat menentukan arah lain dengan melihat keadaan lalu lintas melalui gawai masing-masing.

‘’Aplikasi Intellegence Transport System (ITS) Info Lalin Solo merupakan software berbasis android yang dibuat Dishub Surakarta. Aplikasi tersebut membantu masyarakat memantau CCTV persimpangan. Jadi seluruh warga yang memiliki aplikasi itu dapat mengaksesnya,’’ kata Kepala Bidang Lalu Lintas, Dishub Surakarta, Ari Wibowo, Minggu (10/6).

‘’Ada 60 titik yang dapat dilihat pada aplikasi tersebut, sehingga sebelum pemudik masuk ke Solo, dapat memilih ruas jalan yang tidak terjadi kemacetan,’’ jelas Ari.

Selain pantauan CCTV, beberapa media sosial milik Dishub Surakarta bisa langsung diakses di aplikasi itu. Antara lain, Twitter, Instagram, Youtube, Facebook dan  E-Uji. Dengan demikian, kemudahan tersebut dapat memberikan kenyamanan pemudik selama di perjalanan.

‘’Pelayanan kepada masyarakat merupakan hal utama yang harus diberikan. Maka dari itu aplikasi Info Lalin Solo ini menjadi alternatif pemudik selama berkendara. Sehingga kemacetan yang ada di Solo dapat dihindari pemudik,’’ katanya.


(M Ilham Baktora/CN40/SM Network)