• KANAL BERITA

Mahasiswa Undip Ciptakan Sein Cerdas dan Interaktif

Foto: Tiga mahasiswa Jurusan Instrumentasi & Elektronika Undip, Arik Susanto, Abdul Aziz dan Syahrul Mubarok memperlihatkan sein cerdas dan interaktif karyanya di kampus Undip Semarang, beberapa waktu lalu.  .(suaramerdeka.com/dok)
Foto: Tiga mahasiswa Jurusan Instrumentasi & Elektronika Undip, Arik Susanto, Abdul Aziz dan Syahrul Mubarok memperlihatkan sein cerdas dan interaktif karyanya di kampus Undip Semarang, beberapa waktu lalu. .(suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tiga mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berhasil menciptakan Lampu Sein Cerdas dan Interaktif. Sein tersebut memiliki bentuk indikator yang bermacam-macam. Tiga mahasiswa kreatif tersebut adalah Arik Susanto, Abdul Aziz dan Syahrul Mubarok. Dengan bimbingan  Dr. Jatmiko Endro Suseno, M.Si, mahasiswa Jurusan Instrumentasi & Elektronika tersebut menciptakan inovasi lampu sein dengan indikator yang interaktif dan dilengkapi dengan sistem peringatan.

“Lampu sein ini kami beri nama SMART SEIN. Cara kerja cukup mudah. Kita hanya memberikan enam tombol untuk masing-masing tiga indikator yang berbeda setiap sein kanan dan kiri pada bagian belakang mobil,” jelas Arik Susanto. 

Arik menjelaskan dalam karyanya tersebut ia membuat indikator untuk berbelok, menyalip dan berputar arah. Selain itu juga menambahkan sistem peringatan untuk mematikan sein setelah digunakan sehingga sein tidak menyala terus-menerus setelah digunakan. 

Arik Susanto yang merupakan ketua tim penelitian sein tersebut mengatakan inovasi alat tersebut  diharapkan mampu mengurangi resiko kecelakaan dijalan raya, terutama yang disebabkan oleh kesalahpahaman dalam membaca lampu sein.

“ Kami berterima kasih kepada Kemenristekdikti melalui Universitas Diponegoro yang sudah mendanai penelitian kami dalam rangka kegiatan PKM 2018 serta dosen pembimbing kami yang selalu membantu kami dalam proses ini,” ungkap Arik Susanto.


(Maulana M Fahmi/CN42/SM Network)