• KANAL BERITA

Perlu Perjuangan Jadikan Pekalongan Sebagai Destinasi Batik Siang-Malam

Wali Kota Pekalongan, M Saelany Machfudz ketika membuka Batik Night Market (BNM) di pasar Grosir Batik Gamer dengan memukul bedug, Kamis malam (7/6). (suaramerdeka.com/Trias Purwadi)
Wali Kota Pekalongan, M Saelany Machfudz ketika membuka Batik Night Market (BNM) di pasar Grosir Batik Gamer dengan memukul bedug, Kamis malam (7/6). (suaramerdeka.com/Trias Purwadi)

PEKALONGAN, suaramerdeka.com - Selama Lebaran, Pasar Grosir Batik Gamer akan dibuka 24 Jam dalam program batik night market (BNM). Program BNM berlangsung di  Grosir Batik Gamer dibuka Wali Kota Pekalongan, M Saelany Machfudz, ditandai pemukulan beduk, baru-baru ini.

‘’Ada 40 pedagang batik yang siap membuka kiosnya siang dan malam,’’ kata Kepala Dindagkop dan UKM, Zaenul Hakim.

Wali Kota berharap pasar grosir siang malam menjadi destinasi wisata belanja batik di Pekalongan. Pemudik dari Jakarta, Bandung dan kota-kota lainnya yang lewat Pekalongan akan mampir membeli batik di Pekalongan.

‘’Mudah-mudahan ini benar-benar menjadi daya tarik pemudik untuk belanja batik. Sehingga batik bisa menjadi pengungkit ekonomi Pekalongan. Yang penting jangan hanya selama Lebaran ini pasar grosir batik dibuka siang malam, tetapi yang penting kelanjutannya,’’ jelasnya.

Jika pasar batik Pekalongan buka siang malam, benar-benar menjadi kota yang hidup siang dan malam. Untuk itu, kata Wali Kota, semestinya leaflet tentang BNM itu harus diberikan di berbagai pos-pos lebaran di Pantura mulai dari Jakarta, Cirebon, Tegal dan berbagai kota lainnya.

Menurut Wali Kota perlu perjuangan menjadikan Pekalongan menjadi destinasi wisata batik siang malam. Hasil itu tidak langsung diraih saat ini, namun ke depan diperkirakan hasilnya akan lebih besar karena masyarakat akan tahu bahwa pasar batik Pekalongan siap melayani siang dan malam.

‘’Dengan demikian, pemudik akan tahu pasar grosir Gamer buka sampai dini hari,’’ kata Wali Kota. atik BNM ini direncanakan akan dibuka sampai H+7 Lebaran. Diharapkan yang belanja bukan hanya pemudik melainkan saat arus balik.


(Trias Purwadi/CN40/SM Network)