• KANAL BERITA

Tol Fungsional Minim Fasilitas

Komisi C DPRD Kendal bersama sejumlah OPD terkait meninjau tol fungsional yang bakal digunakan untuk arus mudik Lebaran 2018. (suaramerdeka.com/ dok)
Komisi C DPRD Kendal bersama sejumlah OPD terkait meninjau tol fungsional yang bakal digunakan untuk arus mudik Lebaran 2018. (suaramerdeka.com/ dok)

KENDAL, suaramerdeka.com - Komisi C DPRD Kendal bersama OPD terkait memantau kondisi tol fungsional di Kabupaten Kendal, Kamis (7/6). Pemantauan dilakukan dari arah Kaliwungu (timur) sampai Weleri (barat). Kegiatan tersebut untuk melihat kondisi tol fungsional yang pada H-7 Lebaran difungsikan sebagai jalur mudik Lebaran 2018.

Ketua Komisi C DPRD Kendal, Nashri, mengatakan, pihak pengelola jalan tol supaya memasang rambu-rambu dan lampu jalan. Pasalnya kondisi jalan yang tampak masih darurat cukup perlu pengamanan supaya pengguna jalan bisa nyaman.

Rambu-rambu informasi batas maksimal kecepatan di tol fungsional perlu diperbanyak. Selain jalan yang mungkin bisa menyesatkan pemudik perlu ditutup.

"Tadi yang saya lihat pada sepanjang tol fungsional rambu-rambu lalu lintas dan lampu penerang jalan belum memadai. Terutama pada titik-titik rawan harus dipasang rambu dan lampu jalan. Selain itu juga perlu ada petugas keamanan," kata dia.

Polres Kendal, kata dia, perlu melakukan patroli di sepanjang tol fungsional untuk mengantisipasi segala bentuk kejahatan. Sebab, kondisi tol pada malam hari diperkirakan gelap, karena minim lampu penerangan.

"Kondisi rest area cukup bagus meskipun sifatnya darurat. Pihak terkait perlu menempatkan petugas di titik yang terdapat persimpangan warga. Di sana juga perlu diberi lampu penerangan," tuturnya.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kendal, Wiwid Andariyono, mengatakan pihaknya telah meminta PT Waskita Karya untuk memasang rambu dan lampu jalan. ‘’Jalur tol itu pemasangan rambu-rambu oleh pengelola jalan tol. Kalau jalur pantura, kami yang memasang rambu-rambu, terutama rambu-rambu untuk arus mudik,’’ jelasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kendal, Sugiyono, mengimbau pemudik yang melintas tol agar berhati-hati. Sebab, kondisi jalan belum sepenuhnya baik dan nyaman dilalui. ‘’Beberapa titik masih terdapat beton yang berbeda ketinggian,’’ kata Sugiyono.


(Rosyid Ridho/CN33/SM Network)