• KANAL BERITA

Proyek Dihentikan, Tim Sapu Lubang Siaga

Pekerja mengangkat pasir di lokasi proyek penataan pelataran Balai Kota Surakarta, Rabu (6/6). Proyek tersebut bakal dihentikan sementara oleh pemkot pada H-2 Lebaran. (suaramerdeka.com/Yoma Times Suryadi)
Pekerja mengangkat pasir di lokasi proyek penataan pelataran Balai Kota Surakarta, Rabu (6/6). Proyek tersebut bakal dihentikan sementara oleh pemkot pada H-2 Lebaran. (suaramerdeka.com/Yoma Times Suryadi)

SOLO, suaramerdeka.com – Seluruh proyek infrastruktur baik jalan mau pun jembatan di Kota Solo akan dihentikan H-7 sebelum Lebaran, guna memperlancar arus lalu lintas selama arus mudik. Sementara untuk mendukung penghentian itu, Pemkot memaksimalkan tim sapu lubang guna memperbaiki kerusakan jalan berskala ringan.

"Mulai 8 Juni proyek-proyek infrastruktur kami hentikan untuk sementara waktu. Nanti dimulai lagi pada 25 Juni," kata Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR), Joko Supriyanto, Rabu (6/6).

"Tim sapu lubang berputar terus mencari kerusakan jalan. Rekanan memang kami minta untuk mempercepat penanganan jalan berlubang. Yang penting ruas-ruas jalan utama bisa diprioritaskan terlebih dahulu," kata Joko.

Tim sapu lubang yang didanai APBD sekitar Rp 2 miliar fokus menambal lubang jalan agar kerusakan badan jalan  berskala kecil cepat teratasi.

Stop Dulu

Joko mencontohkan, sejumlah proyek yang terpaksa dihentikan tersebut yakni perbaikan Jalan Kyai Mojo, pemeliharaan Jalan Monginsidi serta pelebaran ruas Jalan Sabrang Lor. Pemeliharaan pedestrian atau city walk dan pemeliharaan rutin jembatan juga distop dulu.

‘’Di Jalan Monginsidi misalnya, rencana pemasangan cor beton rigid di sebagian ruas jalan akan dilakukan setelah Lebaran. Saat ini cukup ditambal lubang-lubangnya dulu, sehingga tidak perlu menutup akses kendaraan,'' tambahnya.

Di sisi lain, sejumlah proyek infrastruktur juga akan dihentikan sementara menjelang Lebaran. Proyek penataan pelataran Balai Kota senilai sekitar Rp 1,9 miliar akan disetop mulai H-2 Lebaran.

"Saat ini kami sedang mempercepat pembangunannya. Berdasarkan prediksi pelaksana, maksimal seminggu lagi pekerjaan baru bisa dihentikan sementara dengan material proyek sudah ditata rapi," terang Kabag Umum Setda, Heru Sunardi.

Penghentian sementara proyek tersebut, imbuh Heru, berlangsung hingga berakhirnya cuti bersama Lebaran. "Tanggal 21 Juni pekerjaan sudah dimulai kembali," tandasnya.


(Agustinus Ariawan/CN40/SM Network)