• KANAL BERITA

Ajang Mengajarkan Anak Gemar Baca Alquran

Lomba Tahfidz Quran Anak-anak

Salah satu peserta mengikuti lomba tahfidz Alquran yang digelar RSU Baitul Hikmah. (suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)
Salah satu peserta mengikuti lomba tahfidz Alquran yang digelar RSU Baitul Hikmah. (suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)

KENDAL, suaramerdeka.com – Sebanyak 15 anak-anak berhasil masuk babak final Lomba Tahfidz Quran Juz Amma yang digelar RSU Baitul Hikmah di aula rumah sakit tersebut, Rabu (6/6). Lomba itu digelar RSU Baitul Hikmah dan di dukung dari berbagai pihak ketiga. Lomba itu sebagai ajang mengajarkan anak-anak usia dini untuk gemar membaca Al Quran.

Komisaris RSU Baitul Hikmah, Siti Qomariah menjelaskan, pendaftar lomba mencapai 303 peserta yang maksimal berusia 11 tahun. Dari jumlah itu dilakukan penyisihan pada 1 Juni dan tersaring 70 peserta. Sebanyak 70 peserta masuk ke babak selanjutnya yang digelar 5 Juni dan tersaring 15 peserta yang masuk ke babak final. ‘’Peminat memang luar biasa. Namun, syaratnya memang tidak mudah. Peserta setidaknya hapal satu juz dan berusia maksimal 11 tahun,’’ kata dia.

Dia menambahkan, juri sebanyak 10 orang yang merupakan penghapal Al Quran dari berbagai daerah di Jateng. Ada pun kategori penilaian terdiri atas tartil, tahsin, kelancaran, serta adab dan lagu. ‘’Peserta yang juara mendapatkan piala, piagam, uang pembinaan, dan lemari dari berbagai sponsor. Ke-15 finalis juga mendapat hadiah hiburan yang telah kami siapkan. Kegiatan ini dalam rangka Ramadan sekaligus menyambut Milad ke-4 RSU Baitul Hikmah,’’ jelasnya.

Camat Gemuh, Muhammad Fatoni, mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia berharap lomba bisa digelar setiap tahun di bulan Ramadan. Lomba ini sangat positif. ‘’Saya perhatikan banyak peserta dari sekolah dasar Islam terpadu. Hal itu bisa menjadi pelecut sekolah dasar negeri untuk memberikan porsi yang lebih besar pada mata pelajaran agama Islam,’’ kata dia.


(Rosyid Ridho/CN40/SM Network)