• KANAL BERITA

Kompetisi Jurnalistik BPI 2018 Jaring 155 Artikel dan 20 Foto

Presiden Direktur PT BPI Takashi Irie ketika memberikan hadiah dan piagam kepada para pemenang. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)
Presiden Direktur PT BPI Takashi Irie ketika memberikan hadiah dan piagam kepada para pemenang. (suaramerdeka.com/Kasirin Umar)

BATANG, suaramerdeka.com – Presiden Direktur PT Bhimasena Power Indonesia (PT BPI), selaku penanggungjawab dan pelaksana pembangunan konstruksi Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jateng di Batang, Takashi Irie menyatakan, terima kasih dan apresiasi terhadap para wartawan yang telah berpatisipasi mengikuti Kompetisi Jurnalistik BPI 2018.

“Melalui kompetisi jurnalistik ini saya berharap akan semakin dapat meningkatkan kemampuan para peserta, juga hubungan yang lebih erat antara BPI dengan teman wartawan yang bertugas di Batang,” kata Takashi Irie, saat memberikan kata sambutan dalam acara pengumuman pemenang Kompetisi Jurnalistik BPI 2018, di Hotel Sendangsari, Batang, Selasa sore (5/6).

Terkait dengan pembangunan PLTU, saat ini progres pembangunan konstruksi PLTU Jawa-Tengah 2 X 1000 MW di Batang, kata Takashi, sudah mencapai 46 persen dari keseluruhan pembangunan.

“Tahun ini dan tahun depan pembangunan kontruksi akan sangat padat akitifitasnya dengan melibatkan 6.000 tenaga kerja,” ungkap Takashi Irie, melalui penerjemah yang juga sebagai Manager Humas PT BPI, Ayu Windiyaningrum.

Takasan, dimikian ia biasa disapa, mengatakan, pihaknya akan senang jika para awak media bisa menyempatkan diri untuk melihat proses pembangunan konstruksi PLTU. Dengan menulis hasil dari pengamatannya, baik melalui artikel (tulisan berita) mau pun foto, agar bisa diketahui oleh masyarakat. Juga, termasuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang beragam untuk masyarakat di lingkungan PLTU.

Sementara itu Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng, Amir Machmud, selaku Juri Kompetisi Jurnalistik BPI 2018 menilai meski jumlah artikel yang dikirim ke panitia lomba berkurang dibanding tahun sebelumnya. Namun dari segi kualitas penulisan meningkat. Dikatakan, sesuai laporan panita, artikel dan foto yang masuk pada tahun 2017, tercatat 231 artikel. Sedangkan untuk tahun 2018, tercatat 155 artikel dan 20 foto.

“Kompetisi Jurnalistik BPI 2018 dibagi dalam dua kategori, artkel dan foto. Kompetisi dilaksanakan sudah dua kali, sejak tahun 2017. Dibanding tahun lalu, artikel mau pun foto yang masuk ke panitia, menurun jumlahnya. Namun dalam segi kualitas tahun ini (2018) jauh lebih meningkat, yakni ada penajaman spesifikasi dalam tema maupun engle. Saya berharap jika tahun depan diadakan lomba jurnalistik semacam ini, pesertanya akan semakin tersaring dan kualitas akan makin terjaga,” kata Amir Macmud.

Dalam Kompetisi Jurnalistik BPI 2018, untuk penulisan artikel, Juara I, Lutfi Hanafi (Radar Semarang). Juara II, Kutnadi (Antara), Juara III, Ahmad Saefudin (Radar Pekalongan) dan Juara IV, Ahmad Sapuan (Media Indonesia). Untuk foto, Juara I Muhammad Dhia Thufail (Radar Pekalongan), Juara II Harfian (Antara), Juara III Trisno Suhito (Suara Merdeka), Juara IV Novia Rochmawati (Radar Pekalongan). Juara Teraktif (mengirimkan 9 artikel dan foto), MD Thufail (Radar Pekalongan). Para pemenang mendapat hadiah uang pembinaan dan piagam.


(Kasirin Umar/CN40/SM Network)