• KANAL BERITA

Koramil Pamotan Sosialisasi Bahaya Radikalisme dengan Tarling ke Desa Binaan

KOMUNIKASI SOSIAL : Momen tarawih keliling (tarling) yang diikuti oleh aparat Koramil Pamotan juga difungsikan sebagai sarana komunikasi sosial dengan masyarakat.   (Foto: suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)
KOMUNIKASI SOSIAL : Momen tarawih keliling (tarling) yang diikuti oleh aparat Koramil Pamotan juga difungsikan sebagai sarana komunikasi sosial dengan masyarakat. (Foto: suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka.com – Aparat Koramil Pamotan pada momen Ramadan tahun ini menggelar tarawih keliling (tarling) dengan sasaran desa-desa yang menjadi binaannya. Tarling yang mulai digelar sejak malam pertama Ramadan itu juga sebagai ajang sosialisasi bahaya radikalisme kepada masyarakat.

Menariknya, yang datang dalam tarling tersebut bukan hanya Danramil saja. Danramil juga membawa serta anggota, yang sebagian merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa). Momen tersebut menjadi gayeng lantaran seusai tarawih, mereka selalu terlibat obrolan santai dengan masyarakat di masjid.

Danramil Kragan, Kapten Czi Tarmuji mengungkapkan, sampai saat ini sudah 8 desa yang menjadi sasaran tarling. Kegiatan tersebut akan terus berlanjut sampai malam terkahir Ramadan tahun ini.

Menurut Tarmuji, selain aparat Koramil, komponen bangsa lainnya juga terlibat dalam tarling di antaranya adalah Ansor Anak Cabang Pamotan. Pelaksanaan komunikasi sosial dengan masyarakat selepas tarawih juga untuk memperkuat wawasan kebangsaan.

Selain wawasan kebangsaan, momen tersebut juga dijadikan sebagia ajang sosialisasi tentang bahay radikalisme dan terorisme kepada masyarakat. Masyarakat diminta untuk peka dan menjalin koordinasi ketika menemukan indikasi adanya paham radikal dan terorisme.

“Ini kesempatan baik, mendekatkan diri kepada masyarakat. Berbagi informasi dan saling mengingatkan tentang terorisme dan radikalisme. Kami bawa anggota dan juga ada sejumlah organisasi lainnya terlibat, seperti Ansor,” terang Tarmuji. 


(Ilyas al-Musthofa/CN41/SM Network)