• KANAL BERITA

Pemda Edukasi Penanggulangan Bencana

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto saat bicara pada diskusi soal bencana di DPRD DIY, Jalan Malioboro, Yogyakata. (Foto : suaramerdeka.com/Sugiarto)
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto saat bicara pada diskusi soal bencana di DPRD DIY, Jalan Malioboro, Yogyakata. (Foto : suaramerdeka.com/Sugiarto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Keberadaan desa tanggung bencana dan kelurahan tangguh bencana, harus bisa memberikan kesadaran penanggulangan bencana. Termasuk dalam pemanfaatan fasilitas untuk penanggulangan kebencanaan. 

Ketua Komisi A DPRD DIY,  Eko Suwanto mengatakan itu dihadapan peserta diskusi forum group disscusion (FGD) Strategi Penanggulangan Bencana di DPRD DIY,  Jalan Malioboro, Yogyakarta, Selasa (5/6). 

Diskusi publik yang dimoderatori oleh anggota Komisi A DPRD DIY,  Albani ini menghadirkan, Kepala BPPTKG, Dr Hanik Humaida dan Kepala Pelaksana  BPBD DIY, Biwara. 

Dialog publik ini diikuti sekitar 150 orang terdiri dari BPBD se DIY, Kepala Desa & Lurah, Ketua Desa tangguh bencana & kelurahan tangguh bencana yang ada di Yogyakarta. 

"Hadirnya destana dan katana,  kita harapkan bisa untuk memberikan pendidikan bagi masyarakat soal penanggulangan bencana termasuk fasilitasi peralatan," kata Eko Suwanto. 

Terkait dengan tata kelola ke depan, Eko Suwanto,  politisi muda PDI Perjuangan dapil kota Yogyakarta ini mengingatkan, perlunya penyelarasan perencanaan pembangunan dan penganggaran Destana, Katana, Kampung Siaga Bencana, KTB, SSB termasuk perawatannya.

Oleh karena itu, Eko Suwanto,  mengajak adanya peran serta masyarakat,  agar bisa aktif dan bergotong royong saat menghadapi bencana agar bisa segera bangkit dari keterpurukan. 

"Khusus hadapi resiko bencana gunung Merapi, kita dukung Pemda DIY untuk melakukan konsolidasi menyeluruh membantu masyarakat," kata Eko Suwanto. Dengan harapan, bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan bisa segera teratasi.


(Sugiarto/CN19/SM Network)